MAJALAH TEMPO Edisi TERBARU... NGERI NGERI SEDAP... Nama GIBRAN Disebut Dalam Pusaran Kasus Mensos

MAJALAH TEMPO Edisi TERBARU... NGERI NGERI SEDAP... 

Nama GIBRAN Disebut Dalam Pusaran Kasus Mensos

Tak hanya menunjuk perusahaan pengadaan paket Bansos, Mensos Juliari Batubara dan tim khususnya juga menunjuk rekanan untuk memproduksi goodie bag

Dua anggota staf Kementerian Sosial bercerita, Juliari meminta mereka menghentikan pencarian vendor penyedia tas kain itu. Penyebabnya, tas yang digunakan sebagai wadah oleh Integra Padma Mandiri itu akan diproduksi oleh PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex. Padahal, semula, pengadaan tas itu akan diprioritaskan kepada usaha kecil-menengah.

Menurut dua anggota staf tersebut, masuknya nama Sritex merupakan rekomendasi putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka

“Itu bagian anak Pak Lurah,” tutur seorang di antaranya. 

Sebutan “Pak Lurah” mengacu pada Jokowi. 

Akhir April lalu, Juliari Batubara menyatakan telah mengajak perusahaan yang berbasis di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, itu untuk memproduksi tas pembungkus bahan pokok. Juliari berkilah, penyaluran bantuan sosial sempat terhambat karena pemasok kantong mengalami kendala bahan baku yang harus diimpor. “Pemasok sebelumnya kesulitan bahan baku yang harus impor,” kata Juliari. Kementerian Sosial memesan tas bantuan sosial kepada PT Sritex sebanyak 10 juta kantong.

Dimintai tanggapan Tempo, Direktur Utama Sritex Iwan Setiawan Lukminto tak merespons saat dimintai konfirmasi. 

Begitu pula Gibran Rakabuming Raka—baru saja memenangi pemilihan Wali Kota Solo, dia tak merespons pertanyaan yang dikirimkan Tempo ke telepon selulernya. 

Juru bicara relawan Gibran, Kuat Hermawan, sempat mengirimkan pesan balasan ketika dimintai tanggapan. Namun dia buru-buru menghapus pesan tersebut.

👉Selengkapnya di Majalah TEMPO edisi terbaru 21-27 Desember 2020