Mantan Presiden Korsel, Lee Myung-bak Divonis Penjara 17 Tahun Karena Menerima Suap dari Konglomerat

Hukum di Korea Selatan itu benar-benar jempol..tak pandang siapapun itu.. tak terkecuali mantan Presiden pun... bila dinyatakan bersalah dan merugikan Negara.. Prodeo (penjara) tempatnya!

Mantan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak akan secara resmi menjalani hukuman 17 tahun penjara pada hari ini, Senin, 2 November 2020.

Mantan Presiden yang kini berusia 78 tahun itu dipastikan akan menghabiskan sisa usianya di dalam penjara dan tidak bisa mengajukan banding lagi.

Lee Myung-bak dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung Korea Selatan atas penggelapan dana dan menerima suap dari konglomerat.

Sebelumnya Lee Myung-bak dinyatakan bersalah oleh pengadilan pada tahun 2018. Saat itu sempat dipenjara dan dibebaskan dengan jaminan dan mengajukan banding.

Ternyata pengajuan banding ditolak oleh Makamah Agung hingga akhirnya divonis 17 tahun penjara, denda 13 Milliar Won dan menyita aset kekayaan senilai 5,7 Milliar Won.

Makamah Agung Korea Selatan menyatakan, Lee Myung-bak sudah mengelapkan uang senilai 25,2 Milliar Won dan menerima suap senilai 9,4 Milliar Won.

Dan hari ini.. sejarah tertulis lagi di Korsel. Mantan Presiden di Korea Selatan harus mendekam dalam jeruji penjara. 

Selain mantan Presiden Lee Myung-bak, sebelumnya mantan Presiden Korsel Park Geun-hye juga menerima vonis 20 tahun penjara karena kasus suap dan penyalahgunaan wewenang.

Juga saat kepemimpinan Lee Myung-bak, juga pernah menyelidiki dan interogasi mantan Presiden sebelumnya yaitu Roh Moo-hyun atas kasus korupsi yang melibatkan keluarganya.

Tetapi sebelum  penyelidikan berakhir, mantan presiden Roh Moo-hyun mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri terjun ke jurang dekat kediamannya.

Roh Moo-hyun merupakan Ketua Pemimpin Liberal di Korsel pada masanya dan diketahui merupakan mentor politik dari Presiden Korsel Moon Jae-in saat ini.

Di ketahui saat kepemimpinan Roh Moo-hyun, saat itu Moon Jae-in bertugas di Blue House istana kepresidenan Korea Selatan, termasuk sebagai Kepala Staf Kepresidenan selama setahun.

Dari kisah nyata yang terjadi saat ini..

Bila diruntut ..adakah unsur balas demdan politik? Hingga saling menjatuhkan..?

Dan saat ini pun Presiden Moon Jae-in banyak juga sudah menerima kritik sana sini atas kebijakan-kebijakn yang diambil saat ini.

Akankah nanti setelah berakhir kepemimpinannya akan bersih dari kasus hukum? 

Kita tunggu saja episiode berikutnya...

Bak mengikuti Drama Korea 😀

Bupyeong, Incheon

2 November 2020

(By RIEMA LEE)