Blak-blakan Rizal Ramli: Orang Disekitar Jokowi itu Islamphobia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Mantan Menko Kemaritiman Dr. Rizal Ramli mengungkap percakapannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Aksi-aksi Bela Islam dari 411 hingga 212.

Rizal Ramli blak-blakan menyampaikan orang-orang disekitar Jokowi itu mengidap Islamphobia (kebencian kepada Islam).

Paparan Rizal Ramli disampaikan di chanel Youtube Karni Ilyas Club 24 Oktober 2020.

Dalam kesempatan itu, Rizal Ramli bercerita tentang maraknya demo yang banyak melibatkan umat Islam hingga berjilid-jilid.

"Dari sisi politik. Inikan yang lucu, diojok-ojokin terus Islam. Pak Jokowi nya sih mungkin gak terlalu, tapi orang disekitarnya itu Islamphobia," kata Rizal Ramli.

"Saat 212 saya ketemu Jokowi, Pak Jokowi itu nanya 'siapa dibelakang 411 dan 212, berdasarkan laporan intel 212 bakal 3 juta orang, pasti ada bandarnya'," ujar Rizal.

Rizal Ramli lalu nanya ke Jokowi siapa bandar yang menggerakan 212?

Jokowi lalu bilang berdasar laporan intel (juga dari Pak Luhut) bandar 212 adalah Pak SBY dengan menggelontorkan uang Rp 100 Milyar.

Rizal Ramli lalu bilang ke Pak Jokowi: "Mas Jokowi, aku tuh kenal banget sama SBY, dia itu raja pelit. Kalau 5 milyar ok, 10 milyar masih mungkin, 20 Milyar gak mungkin, kalau 100 Milyar itu sudah pasti bohong."

Lalu Jokowi bilang: "Kok bisa ngumpulin orang sekian banyak, pasti ada bandarnya dong."

Rizal Ramli bilang: "Mas, ini namanya dalam sejarah politik Gerakan yang Organik dari bawah. Orang-orang ini di kampungnya tabungannya dipakai buat ke Jakarta. Kenapa? Karena mereka marah sekali orang Islam dipojokin terus."

Jokowi bilang: "Saya kan baik sama orang Islam, bantu pesantren dll."

Rizal Ramli: "Iya, satu segi bantu, tapi tangan yang lain, tangan orangnya yang Islamphobia gebukin terus."

Simak selengkapnya video: