Viral Video Banser Geruduk dan Marah ke Ustadz HTI, Menag: Saya Apresiasi Langkah Banser


[PORTAL-ISLAM.ID]  Video seorang ustadz digeruduk Banser viral di media sosial. Dalam video tersebut, ustadz bernama Zainullah nampak duduk di sebuah kursi lalu dikelilingi Banser.

Ustadz Zainullah terlihat dicecar oleh anggota Banser dengan nada tinggi soal penyebaran ajaran Khilafah. Namun, Ustadz Zainullah terlihat santai dan meminta agar Banser melapor ke Polisi jika tindakannya melanggar undang-undang.

Menanggapi hal itu, Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi langkah Banser. Ia menilai Banser dalam kasus tersebut mengedepankan cara-cara damai.

“Saya memberi apresiasi atas langkah tabayyun yang dilakukan oleh Banser PC Ansor Bangil yang mengedepankan cara-cara damai dalam menyikapi gesekan yang terjadi di masyarakat terkait masalah keagamaan,” tutur Menag Fachrul Razi dalam siaran persnya, Sabtu (22/08/2020).

Menag sangat menghargai partisipasi masyarakat, seperti ditunjukkan oleh Banser Bangil, dalam menjaga kerukunan dan mengawal komitmen kebangsaan, dengan tetap berpegang pada koridor hukum.

“Ini tentu contoh yang baik. Kalau ada pelanggaran dan penyimpangan, memang seyogyanya diserahkan pada proses hukum yang berlaku, hindari aksi kekerasan,” ujarnya.

Menurut Menag, jajarannya di Kankemenag Pasuruan sudah menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait dugaan penghinaan dan penyebaran ideologi HTI di wilayah tersebut.

“Aparat kami di Kanwil Jatim dan Kankemenag Pasuruan telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini sesuai ketentuan,” pungkasnya, seperti dilansir kiblat.

[Video]
loading...