Hari Bersejarah, Anies Baswedan Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kampung Akuarium di HUT RI ke-75


[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Tepat di hari peringatan Kemerdekaan RI ke-75, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

"Alhamdulillah kita bersyukur proses yang terasa panjang bagi yang menjalani, lebih dari empat tahun dari sejak penggusuran. Sore hari ini menjadi sore yang bersejarah, karena Insya Allah babak baru Kampung Akuarium akan dimulai sore hari ini," kata Gubernur Anies saat memberi sambutan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Akuarium, Senin (17/8/2020).

"Hari ini bukanlah akhir tapi baru awal. Ini baru peletakan batu pertama. Tuntasnya nanti saat warga mulai masuk ke rumah yang dibangun," lanjut Anies dalam video yang disiarkan langsung chanel Youtube Pemprov DKI Jakarta.

Seperti diketahui, Kampung Akuarium digusur oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada April 2016 lalu.

Pembangunan Kampung Akuarium ini dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Nomor 878 tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat. Dalam keputusan tersebut, Kampung Akuarium menjadi satu di antaranya 21 kampung yang diprioritaskan untuk ditata.

Dalam penataan Kampung Akuarium ini, Pemerintah DKI menggandeng Rujak Center for Urban Studies dan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK). Nantinya, 40 persen dari luas kawasan yang dibangun dibuat menjadi Ruang Terbuka Hijau. Sementara 60 persen sisanya menjadi hunian bertipe 36 dengan dua kamar.

[Video]
loading...