Barakallah... Rajin Membantu Orang, Turki Temukan Sumber Gas Alam Terbesar


Rajin Membantu Orang, Turki Temukan Sumber Gas Alam Terbesar

(Oleh: Teuku Zulkhairi)

Bebarapa menit lalu di hari Jum'at (21/8/2020) penuh berkah, Erdogan mengumumkan bahwa Turki berhasil menemukan cadangan gas alam terbesar sepanjang sejarah Turki di laut hitam.

Artinya, Turki akan segara menjadi negara kaya. Negara yang akan berhenti dari ketergantungan pada impor gas.

Bahkan, dengan penemuan sumber gas alam yang sangat besar, tentu saja Turki akan berbalik menjadi negara pengekspor gas alam yang hari ini banyak negara menjajah negara lain demi gas.

Hal paling menarik adalah, Turki sebelum ini merupakan negara yang paling dermawan di dunia.

Bukan saja dibuktikan oleh fakta dimana Turki merawat hampir 4 juta pengungsi Suriah yang mencari perlindungan di Turki, tapi juga bantuan Turki telah sampai ke 150 negara di dunia.

Turki membantu apapun agamanya. Tak ada dibeda-bedakan.

Bahkan, tatkala ketika Turki dan negara-negara besar dunia kelimpungan menghadapi wabah covid 19, Turki justru mampu mempertahankan kedermawanannya.

Di tengah wabah covid, bantuan Turki disalurkan ke mencapai 138 negara di dunia.

Ini tidak bisa dilakukan oleh banyak negara. Dan tentu saja tak akan bisa dilakukan kecuali oleh jiwa yang dermawan.

Ketika Turki membantu negara lain, itu bukan berarti dia sudah lebih dari cukup. Tapi mereka memahami keutamaan dari sifat memberi.

Dan oleh sebab itu, mereka tetap memberi dalam apapun kondisi mereka.

Kalau kita kaitkan dengan argumentasi Islam, maka jelas bahwa dalam Islam kita diajarkan tentang perihal ini.

Bahwa jika kita mau memperoleh lebih banyak, maka kita harus memberi lebih banyak.

Tapi dalam konteks memberi ini, Islam juga mengajarkan kita untuk ikhlas. Wa laa tamnun Tastaksir. Artinya, jangan kamu memberi dengan maksud menerima pembalasan lebih banyak.

Ini maksudnya jangan tidak ikhlas dalam membantu sesama manusia.

Tidak ikhlas itu ya seperti negara-negara Barat yang pura-pura membantu tapi tujuannya untuk menjajah. Atau seperti China, pura-pura memberi modal kepada negara lain, baik bentuk hibah maupun hutang, tapi tujuannya untuk menguasai negara itu.

Nah, Turki sejauh ini membantu karena kemanusiaan. Mereka membantu bukan untuk menjajah, karena seperti itulah Islam mengajarkan.

Maka ada saja cara Allah Swt membalas kebaikan mereka. Temuan gas alam terbesar di laut hitam ini adalah bukti bahwa tak ada kebaikan yang sia-sia.

Rasulullah Saw menjanjikan, jika kalian membantu meringankan beban manusia di dunia, maka Allah sendiri yang akan meringankan urusanmu di dunia dan juga di akhirat.

Kira-kira begitu.

Jadi, membantu orang lain, maka balasannya akan kita terima di dunia maupun di akhirat juga. Tak akan rugi orang yang memberi.

Barakallah Erdogan!

[Video - Pengumuman Erdogan]

Baca juga :