Terungkap! Sultan Muhammad Al-Fatih Membeli Hagia Shopia Untuk Dijadikan Masjid


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat (10/7/2020) mengeluarkan keputusan mengembalikan Hagia Sophia sebagai masjid yang akan ditandai dengan pelaksanaan sholat Jumat perdana pada 24 Juli mendatang.

Keputusan Erdogan disampaikan setelah sebelumnya pengadilan tinggi Turki mencabut status museum yang disematkan kepada Hagia Sophia.

Pengadilan tinggi Turki memutuskan pada Jumat, 10 Juli 2020, bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada 1934 adalah melanggar hukum. Putusan pengadilan itu membatalkan keputusan kabinet Turki tahun 1934, yang dipimpin tokoh sekuler Mustafa Kemal Ataturk.

"Dengan putusan pengadilan ini, dan dengan langkah-langkah yang kami ambil sejalan dengan keputusan itu, Hagia Sophia menjadi masjid lagi, setelah 86 tahun, seperti yang diinginkan Sultan Muhammad Al-Fatih, penakluk Konstantinopel," kata Erdogan dalam pidato nasional, Jumat (10/7/2020).

Pihak AS, Barat dan Kristen Ortodoks sewot dengan keputusan Erdogan mengembalikan Hagia Shopia sebagai masjid.

Ada pula pihak yang menyebut Umat Islam merebut Hagia Shopia yang dulunya merupakan gereja dari umat Kristen ortodoks .

Pengamat internasional Hasmi Bakhtiar menunjukan bukti bahwa Hagia Shopia itu sudah dibeli oleh Sultan Muhammad Al-Fatih saat menaklukan Konstantinopel.

"Ketika Muhamamd Alfatih menaklukan Konstantinopel, sebelum melaksanakan shalat jumat pertama di Hagia Sophia, Alfatih membeli Hagia Sophia kpd petinggi gereja ketika itu dg uangnya pribadi. Ini dokumennya sampai sekarang masih disimpan rapih di pusat arsip Turkey di Ankara," kata Hasmi Bakhtiar di akun twitternya, Ahad (12/7/2020).


"Di situ dijelaskan bahwa syarat dari petinggi gereja Hagia Sophia kpd Alfatih agar simbol2 yang ada di dalam Hagia Sophia terus dijaga. Makanya selama hampir 5 abad Hagia Sophia menjadi masjid semua simbol dan salib di dalamnya terap dirawat dg baik hanya ditutupi dg kain," ujar Hasmi.

"Jual beli gereja spt ini adalah hal biasa dilakukan bahkan hingga hari ini. Di Eropa, Amerika termasuk Kanada banyak sekali gereja yang dibeli umat Islam dan kemudian dialihfungsikan menjadi masjid. Akad jual belinya jelas dan kedua pihak sama2 setuju. Terus masalahnya di mana?" tegas Hasmi.

JADI... Hagia Shopia memang sudah menjadi MILIK UMAT ISLAM, yang telah dibeli oleh Sultan Muhammad Al-Fatih.

Berikut selengkapnya video paparan Hasmi Bakhtiar terkait keputusan Erdogan mengembalikan Hagia Shopia sebagai masjid.