Bela Uighur, FPI Bakal Kepung Kedubes China


[PORTAL-ISLAM.ID]  Front Pembela Islam (FPI) merasa prihatin dengan penderitaan yang dialami etnis muslim Uighur di Xinjiang, China. Ormas Islam yang didirikan Habib Rizieq Shihab itu pun akan menggelar aksi untuk membela muslim Uighur.

Ketua Umum FPI KH. Ahmad Sobri Lubis menyatakan, pihaknya akan menggelar unjuk rasa bertitel Aksi Bela Muslim Uighur pada Jumat (27/12/2019) besok. Lokasi aksinya di depan Kedutaan Besar China di Jakarta.

"Kami akan melakukan aksi nasional di depan Kedubes China atau Tiongkok," kata Sobri kepada awak media di Jakarta Timur, Jumat (20/12) pekan lalu.

FPI, kata Sobri, mengecam tindakan pemerintah China terhadap etnis muslim Uighur. Menurutnya, pemerintah China telah berbuat lalim terhadap warga Uighur yang mendiami Provinsi Xinjiang.

Sobri menegaskan, pemerintah China telah merampas hak asasi manusia warga Uighur. Namun, katanya, penguasa di Negeri Panda itu selalu berkilah bahwa tindakan terhadap warga Uighur merupakan upaya untuk menumpas pemberontakan.

"Jadi, yang sebenarnya adalah penahanan semena-mena tanpa proses hukum yang adil sesuai standar internasional," ucap dia.

Sobri menambahkan, kini warga Uighur dilarang membaca Alquran. Selain itu, katanya, warga Uighur juga dikurung di lokasi semacam kamp konsentrasi.

"Jadi, dijebloskan ke dalam kamp re-edukasi yang menurut beberapa laporan LSM HAM internasional justru tempat di mana banyak penyiksaan serta pelecehan seksual terjadi," tutur dia, seperti dilansir JPNN.

TIDAK HANYA FPI YANG AKAN TURUN AKSI, JUGA DIIKUTI KOMPONEN-KOMPONEN YANG LAIN.

Baca juga :