Lambang Banser Ada Tulisan dari Al-Qur'an "Nahnu Ansorullah" (Kami Penolong Agama Allah), Gimana Tanggapan Gus Miftah?

Body

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gus Miftah dalam video yang viral di sosial media mengatakan:

"Kalau memang Allah itu sempurna, kalau memang Islam tidak ada kekurangan, kenapa hari ini ada ormas yang mengatakan membela Islam. Maka saya jawab saya tidak setuju dengan ormas yang mengatakan membela Islam. Kenapa? karena kalau mereka membela Islam berarti mereka lebih hebat dari Islam."

Pernyataan Gus Miftah dalam ceramahnya ini banyak mendapat tanggapan. Salah satunya dari Buya Yahya, pimpinan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon.

"Didalam berucap, gak mungkin Ulama ngomong begitu, Ulama pasti omongannya ditimbang. Jangan suka membuat kalimat-kalimat yang bikin aneh deh," kata Buya Yahya.

"Jangan dilemahkan semangat orang (dengan mengatakan) 'gak perlu ente siapa membela Allah', ini kalimat kurang ajar, Al-Quran akan dilawan. Ada orang-orang yang mendirikan perkumpulan untuk membela Allah, jangan malah diremehkan," lanjut Buya Yahya.

Buya Yahya lalu menjelaskan tentang Membela Allah, Membela Islam.

Pernyataan Gus Miftah ini banyak yang mengaitkan dengan FPI (Front Pembela Islam).

Gus Miftah juga diingatkan bahwa di NU juga ada BANSER dimana dalam logonya ada tulisan "نَحۡنُ أَنصَارُ ٱللَّهِ Nahnu Ansorullah" yang diambil dari ayat Al-Qur'an yang artinya "Kami Penolong-penolong (Agama) Allah".

QS Ali Imran ayat 52:


فَلَمَّآ أَحَسَّ عِيسَىٰ مِنۡہُمُ ٱلۡكُفۡرَ قَالَ مَنۡ أَنصَارِىٓ إِلَى ٱللَّهِ‌ۖ قَالَ ٱلۡحَوَارِيُّونَ نَحۡنُ أَنصَارُ ٱللَّهِ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَٱشۡهَدۡ بِأَنَّا مُسۡلِمُونَ

Maka tatkala ’Isa mengetahui keingkaran mereka [Bani Israil] berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk [menegakkan agama] Allah?" Para hawariyyin [sahabat-sahabat setia] menjawab: "Kamilah penolong-penolong [agama] Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.

QS Ash-Shof ayat 14:

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُوٓاْ أَنصَارَ ٱللَّهِ كَمَا قَالَ عِيسَى ٱبۡنُ مَرۡيَمَ لِلۡحَوَارِيِّـۧنَ مَنۡ أَنصَارِىٓ إِلَى ٱللَّهِ‌ۖ قَالَ ٱلۡحَوَارِيُّونَ نَحۡنُ أَنصَارُ ٱللَّهِ‌ۖ فَـَٔامَنَت طَّآٮِٕفَةٌ۬ مِّنۢ بَنِىٓ إِسۡرَٲٓءِيلَ وَكَفَرَت طَّآٮِٕفَةٌ۬‌ۖ فَأَيَّدۡنَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ عَلَىٰ عَدُوِّهِمۡ فَأَصۡبَحُواْ ظَـٰهِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong-penolong [agama] Allah sebagaimana ’Isa putera Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku [untuk menegakkan agama] Allah?" Pengikut-pengikut yang setia itu berkata: "Kamilah penolong-penolong agama Allah", lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan [yang lain] kafir; maka kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang.

Atau kalimat نَحۡنُ أَنصَارُ ٱللَّهِ ada ARTI yang lain menurut Gus Miftah? selain "Kamilah penolong-penolong agama Allah"???


***

Komandan Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Jawa Tengah, H Hasyim Asyari, mengatakan di lambang Banser terdapat tulisan arab, "Nahnu Ansorullah". Lafazh ini dikutip dari kitab suci Al-Qur'an di mana kita harus selalu berhati-hati memakainya. Jangan sampai kelakuan tidak baik satu orang merusak nama baik organisasi, Hasyim mewanti-wanti anggota Banser Jateng.

"Ada kutipan kalam Al-Qur'an, jadi kita tidak boleh sembarangan. Digunakan masuk toilet saja seharusnya tidak boleh. Copot dulu sebelum ke ‘belakang’,” tandasnya, seperti dilansir situs resmi NU.


Link: https://www.nu.or.id/post/read/69770/lambang-banser-ada-tulisan-dari-al-quran-jaga-muruah



[Video Gus Miftah]
Baca juga :