KH Ma'ruf Amin Kesulitan Lihat Contekan, Warganet Prihatin: Berat Banget Kayanya...


[PORTAL-ISLAM.ID]  Debat perdana Capres 2019, yang berlangsung Kamis, 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, memang telah usai. Ada banyak catatan menarik yang menjadi perhatian warganet.

Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah "terciduk"nya pasangan 01 Jokowi dan Ma'ruf Amin membuka contekan saat menyampaikan visi, misi, bahkan saat ingin bertanya dan menjawab pertanyaan.

Pada sesi pertama debat, masing masing pasangan calon (Paslon) diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misi selama tiga menit.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara memberikan kesempatan pertama kepada Capres nomor urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyampaikan visi dan misi mereka

Saat menyampaikan visi dan misi, Jokowi terlihat membawa teks. Ia nampak membaca kalimat yang tertulis di dalam catatan yang dibawanya.

Namun, belum selesai membacakan visi dan misi, moderator menghentikan paparan Jokowi lantaran waktu telah habis.

Begitu pula ketika Jokowi  mendapatkan kesempatan pertama memberikan tanggapan terkait jawaban Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, ia terlihat terbata-bata. Matanya beberapa kali melihat ke arah bawah, ke arah catatan yang dipegangnya sejak awal.

Ketika menjawab pertanyaan seputar Hukum dan HAM yang terdapat dalam amplop yang dibuka moderator, Jokowi kembali sesekali melihat catatan yang dipegangnya.

Berbanding terbalik dengan Jokowi, Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan visi dan misi tentang tema pertama debat, yakni Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) tanpa catatan.

Prabowo terlihat menyampaikan visi dan misi yang diusungnya secara tegas. Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu pun mengepalkan tangan sebagai bentuk penegasan agar hukum ditegakkan di Indonesia.

Tidak hanya cara menyampaikan visi dan misi tanpa teks, Prabowo juga memberikan kesempatan kepada pendampingnya, Sandiaga Uno memaparkan tentang hukum dan HAM sesuai dengan visi dan misi mereka, yakni peningkatan ekonomi.

Saat menjawab pertanyaan dalam amplop maupun menanggapi jawaban Jokowi,
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menjawab dengan lugas tanpa melihat catatan.

Terkait contekan, warganet menyampaikan keprihatinan melihat KH Ma'ruf Amin yang nampak mengalami kesulitan untuk membaca "pointer" yang mungkin hurufnya tak cukup jelas untuk dibaca.

"Debat berikutnya Pak Kyai harus menuntut @KPU_ID menyediakan papan tulis. #Cukup," cuit @mpuanon.

"gak tega lihat pak kyai 😭😭😭,kyai udah waktunya istirahat malah mencalonkan jdi capres and salah masuk rumah lagi ya begini deh,, #PrabowoSandiMenangDebat #PrabowoIndonesiaMenang," cuit @ABDRohm95285924.