Pak Anies, Maaf Kalau Selama Ini Masih Belum Teryakinkan


[PORTAL-ISLAM.ID]  Keberanian Anies Baswedan mencabut semua izin reklamasi di Teluk Jakarta, rupanya menyentuh hati warganet yang selama ini meragukan kinerja Sang Gubernur DKI.

Hasan Yahya, seorang warganet yang dikenal sangat kritis, akhirnya secara terbuka memuji sekaligus meminta maaf kepada Anies Baswedan melalui akun twitternya.

Pria jangkung yang kerap disapa Haye ini, menulis permohonan maaf karena selama ini belum teryakinkan oleh kinerja Anies.

"Pak @aniesbaswedan Juara!

Maaf kalau selama ini masih belum teryakinkan. Sekarang saya percaya.

Reklamasi Jakarta kita beresin, selanjutnya bikin Ibukota lebih beradab.

Kereeeen!!!!," puji Haye tulus.
Seperti diketahui, Anies Baswedan secara resmi mencabut semua izin reklamasi teluk Jakarta. Anies mengatakan pencabutan dilakukan setelah Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta melakukan verifikasi semua izin di 13 pulau buatan itu.

"Bisa saya umumkan bahwa kegiatan reklamasi telah dihentikan. Reklamasi bagian dari sejarah bukan bagian dari masa depan Jakarta," kata Anies di Balai Kota, Rabu, 26 September 2018.

Tiga belas pulau itu adalah pulau A, B, E, I, J, K, M, O, P, Q, H, F, M. Para pemegang izin pulau reklamasi antara lain PT Kapuk Naga Indah, PT Jakarta Propertindo, PT Taman Harapan Indah, PT Pembangunan Jaya Ancol dan lain-lain.

Anies mengatakan, pencabutan izin dilakukan menggunakan Keputusan Gubernur dan surat pencabutan izin. Terhadap bangunan yang sudah terlanjur ada, Anies mengatakan pemerintah DKI sedang melakukan monitoring dampaknya.

Pemerintah DKI, kata Anies, fokus pada pemulihan wilayah Teluk Jakarta. Saat ini, Badan Koordinasi dan TGUPP Pengelolaan Pesisir sedang menggodok Raperda Reklamasi.

Rencananya, dua Raperda yakni Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKS) dan Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) akan digabungkan menjadi satu.