Politisi senior Inggris pendukung Palestina, George Galloway menang pemilihan di kota Rochdale: "Ini untuk Gaza"

[PORTAL-ISLAM.ID] Politisi senior Inggris pendukung Palestina, George Galloway telah memenangkan pemilihan sela di kota Rochdale untuk Partai Pekerja Inggris, mengalahkan mayoritas Partai Buruh.

Rochdale adalah sebuah kota di Greater Manchester, Inggris, dan pusat administrasi Metropolitan Borough of Rochdale.

Galloway, mantan anggota parlemen dari Partai Buruh, memperoleh hampir 40 persen suara dalam pemilu sela yang digelar pada 29 Februari 2024 kemarin.

Pemilihan sela tersebut diadakan setelah kematian anggota parlemen dari Partai Buruh Sir Tony Lloyd dari Dapil Rochdale. 

Kemenangan tersebut mengatarkan George Galloway ke kursi Parlemen Inggris untuk keempat kalinya sejak tahun 1987.

Selama masa kampanyenya, Galloway menyuarakan dukungan untuk Palestina dan menyoroti genosida yang dilakukan Israel di Gaza. 

Galloway menyerang pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer yang menolak untuk mendukung gencatan senjata di Gaza.

Dalam pidato kemenangannya, Galloway mendedikasikan kemenangannya untuk Gaza, dia berbicara langsung kepada Sir Keir dengan mengatakan: 

“Keir Starmer, ini untuk Gaza. Anda akan membayar harga yang mahal karena telah membantu (Israel), mendorong dan menutupi bencana yang saat ini terjadi di wilayah pendudukan Palestina di Jalur Gaza.”

Hasil ini kemungkinan akan memberi tekanan lebih besar pada Sir Keir untuk memoderasi posisinya dalam konflik Gaza, karena kemenangan Galloway memicu spekulasi bahwa penantangnya dari sayap kiri dapat kehilangan suara Partai Buruh di daerah pemilihan di seluruh negeri.


[VIDIO Pidato Kemenangan Galloway]
Baca juga :