AHY langsung kena slepet

Tanggapi AHY Soal Hancur Lebur Jika Masih di Koalisi Perubahan, PKB: Suara Kami Malah Meningkat

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB Daniel Johan menanggapi pernyataan AHY yang menyebut Partai Demokrat beruntung keluar dari koalisi perubahan. Menurut AHY, kalau masih berada di koalisi itu, tentu mereka sudah hancur lebur.

Daniel membantah pernyataan AHY. Faktanya, kata dia, kursi yang diperoleh PKB dalam Pemilihan Legislatif 2024 justru meningkat.

"Yang pasti PKB malah meningkat tinggi kursinya," kata Daniel, dilansir Tempo pada Ahad, 24 Maret 2024. 

Sebagai informasi, partai-partai di Koalisi Perubahan yaitu NasDem, PKB, dan PKS semuanya mengalami kenaikan perolehan kursi dibandingkan hasil Pemilu 2019. NasDem naik 10 kursi, PKB juga naik 10 kursi, dan PKS naik 3 kursi. 

Sementara justru Partai Demokrat mengalami penurunan jumlah kursi dari 54 pada Pemilu 2019, menjadi 44 pada Pemilu 2024. 

Karena itu, Daniel meyakini, jika Demokrat tidak keluar dari Koalisi Perubahan, bisa saja Demokrat mengalami kenaikan perolehan kursi yang sama seperti yang dialami oleh partai-partai lain di Koalisi Perubahan. 

"Keyakinan kita seperti itu (perolehan kursi naik di Koalisi Perubahan), tapi masing-masing punya pilihan kita hargai saja," kata Daniel. 

Ocehan AHY

Adapun AHY sebelumnya menyebut, perpindahan Demokrat ke Kubu Prabowo-Gibran merupakan jalan terbaik. Bahkan, dia menyebut, jika partai yang dipimpinnya itu masih di Koalisi Perubahan, kemungkinan sudah hancur lebur. "Banyak sekali hikmahnya. Sekali lagi kita bayangkan coba kita masih di tempat yang lama, hancur lebur betul?" kata AHY.

Pernyataan itu disampaikan AHY dalam sambutannya di acara Buka Bersama Partai Demokrat di Hotel Four Season, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 23 Maret 2024. Acara itu juga dihadiri Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

(*)
Baca juga :