KEMENANGAN AFRIKA SELATAN !

[PORTAL-ISLAM.ID] Gerakan Hamas Palestina pada hari Jumat menyambut baik keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) atas permintaan Afrika Selatan untuk menerapkan tindakan darurat terhadap Israel atas perangnya di Jalur Gaza.

Gerakan ini juga menyerukan komunitas internasional untuk meminta Israel melaksanakan keputusan pengadilan dan menghentikan apa yang mereka sebut sebagai “genosida” yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina.

Israel harus mencegah tindakan genosida di Gaza dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah tersebut, demikian keputusan pengadilan tinggi PBB pada hari Jumat (26/1/2024), dalam sebuah keputusan yang diawasi dengan ketat namun tidak menyerukan gencatan senjata.

Mahkamah Internasional (dalam keputusan sementara) belum memutuskan apakah Israel benar-benar melakukan genosida melalui kampanye militernya di Gaza – proses tersebut kemungkinan akan memakan waktu beberapa tahun.

Namun mereka memutuskan bahwa “situasi kemanusiaan yang sangat buruk” di Gaza “berisiko semakin memburuk” sebelum ada keputusan akhir, sehingga mereka mengeluarkan keputusan serangkaian tindakan darurat yang harus dilakukan Israel.

Israel harus “mengambil semua tindakan sesuai kewenangannya” untuk mencegah tindakan genosida dan juga menghentikan pejabat yang membuat pernyataan yang menghasut genosida, kata pengadilan.

Secara konkrit, pengadilan mendesak Israel untuk mengambil “langkah-langkah segera dan efektif untuk memungkinkan penyediaan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan”.

Kasus ini diajukan oleh Afrika Selatan, yang menuduh Israel melanggar Konvensi Genosida PBB.

-----------

Pernyataan perwakilan Afrika Selatan di Mahkamah Internasional: 

- Kami menyambut baik tindakan sementara yang diberlakukan oleh Mahkamah Internasional terhadap Israel.

- Keputusan ini merupakan kemenangan yang menentukan bagi supremasi hukum dan merupakan titik balik penting dalam penentuan keadilan bagi rakyat Palestina.

- Kami telah melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi kehidupan ribuan warga Palestina di Jalur Gaza.

- Perintah Mahkamah Internasional tidak dapat dilaksanakan tanpa adanya gencatan senjata

------------

Presiden Afrika Selatan menanggapi hasil sidang:

📌Kami tidak akan mundur dari kebenaran dan keadilan, dan kami tidak ingin genosida dilakukan terhadap orang lain.

📌 Sejak Oktober lalu, warga Palestina telah menjadi korban pemboman terus menerus yang “Israel” menghancurkan lingkungan, sekolah, dan rumah sakit.

📌 “Israel” saat ini berdiri di hadapan komunitas internasional dan kejahatannya terhadap Palestina terlihat jelas.

📌Kami meminta Israel untuk menghentikan serangan genosida di Gaza, dan hari ini Pengadilan memutuskan memenangkan kami.

📌 Keputusan Mahkamah Internasional hari ini merupakan preseden dalam upaya komunitas internasional untuk mencapai keadilan di Gaza.

----------------

Netanyahu: Kesediaan Mahkamah Internasional untuk menerima pembahasan tuduhan genosida terhadap israel adalah aib yang tidak akan dihapuskan, dari generasi ke generasi. 

------------

Salah satu analisis pengamat:

📌 Meskipun pendahuluan yang sangat positif di mana hakim yang berbicara mengungkapkan bukti yang jelas dan jujur tentang kebiadaban dan kebrutalan agresi Israel dan mengutip pernyataan pejabat PBB tentang kondisi kemanusiaan yang sangat buruk di Jalur Gaza, pengadilan tidak memerintahkan gencatan senjata segera!

🔸 Namun hal positifnya adalah mereka menerima KASUS yang diajukan Afrika Selatan dan secara terbuka meminta Israel untuk memberikan bantuan kemanusiaan di Gaza dan menahan diri dari pembunuhan dan perusakan serta menyerahkan laporan mengenai komitmennya terhadap hal tersebut dalam waktu satu bulan.

Ini adalah pertama kalinya penjajah muncul di hadapan dunia sebagai hal yang dikutuk.

Kemenangan utama Afrika Selatan adalah berhasil menjadikan Zionis sebagai tokoh antagonis, jahat, pembantai, di hadapan dunia.

Hasil pengadilan ini, akan membuat negara-negara di seluruh dunia lebih berhati-hati berhubungan dengan Israel.

Baca juga :