Ulil Abshar-Abdalla: Saya mendukung Palestina tanpa syarat!

Catatan Ulil Abshar-Abdalla soal Palestina:

1/ Sedikit uneg2 soal Palestina.

Masalah Palestina akan selesai jika negara2 Barat penyokong Israel kehilangan dominasi kekuatan militer/ekonomi. Jika Israel kehilangan dukungan tanpa syarat dari negara2 besar, di situ kita bisa berharap “the Palestine Question” (Persoalan Palestina) akan selesai.

2/ Dan ini artinya: masih menunggu lama, bahkan lama sekali. Sementara itu, kita akan menyaksikan pecahnya konflik2 sporadik seperti sekarang dari waktu ke waktu. 

Konflik seperti ini tidak akan bisa diselesaikan, sebab Israel memegang posisi dominan saat ini.

3/ Dalam masa penantian yg akan sangat lama ini, saya tetap merasa penting masyarakat muslim dan non-muslim sekaligus membangun solidaritas dan dukungan untuk Palestina, sekaligus menanamkan sentimen “mendukung Palestina tanpa syarat”. 

Ini adalah masalah keadilan.

4/ Jika Amerika sebagai pemerintah dan kekuatan hegemon saat ini memberikan dukungan pada Israel tanpa syarat, kenapa kita sebagai bagian dari masyarakat dunia, tidak melakukan hal yg sama? Unconditional support for Palestine.

Saya mendukung Palestina tanpa syarat!

5/ Sekarang ini simpati masyarakat dunia untuk Palestina sudah muncul dan bersifat lintas kelompok, golongan, dan agama. Di dalam lingkungan kampus2 Barat, simpati dan dukungan pada Palestina amat besar. 

Ini adalah modal bagi perjuangan bangsa Palestina ke depan.

____
*Catatan: Maksud Ulil "mendukung Palestina tanpa syarat" adalah totalitas mendukung Palestina. Tidak mempermasalahkan bahwa kelompok Hamas begini begitu dll seperti tuduhan israel dan negara-negara Barat. Yang utama adalah Palestina. titik.

👇👇
Baca juga :