1,7 juta rakyat Turki di Luar Negeri sudah melakukan pencoblosan Pilpres 2023

[PORTAL-ISLAM.ID] Bagi jutaan orang di luar negeri, pemilihan presiden dan parlemen Türkiye pada 14 Mei berakhir pada hari Selasa (9/5/2023). Karena tempat pemungutan suara ditutup pada hari terakhir untuk pemilih di luar negeri, pemilih akan dapat memberikan suara hingga 14 Mei di tempat pemungutan suara di gerbang bea cukai Türkiye.

Angka resmi menunjukkan lebih dari 1,7 juta orang memberikan suara mereka di luar negeri sejak 27 April. Lebih dari 1,6 juta orang memberikan suara di tempat pemungutan suara yang didirikan di misi diplomatik Türkiye di luar negeri, sementara yang lain memberikan suara di tempat pemungutan suara di gerbang pabean dan bandara.

Suara pertama diberikan oleh orang Turki yang pindah dari provinsi yang lebih miskin ke Eropa Barat selama beberapa dekade di bawah skema pekerjaan yang ditujukan untuk memerangi kekurangan tenaga kerja di benua itu setelah Perang Dunia II. Pemilih seperti itu terdiri dari 3,4 juta dari 64,1 juta pemilih terdaftar di Türkiye dan cenderung mendukung kandidat yang lebih konservatif.

Pada pemilu 2018, Presiden petahana Recep Tayyip Erdoğan memperoleh 64% suara di Jerman, 63% di Prancis, 72% di Belanda, 74% di Belgia, dan 71% di Austria. Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) -partainya Erdoğan- telah melakukan kampanye pemilu yang intens di luar negeri untuk menarik pemilih, dengan anggota parlemen mengadakan acara kampanye.

Setelah proses pemungutan suara di luar negeri selesai, surat suara akan dibawa ke Türkiye melalui kurir diplomatik dan metode yang sesuai oleh YSK di bawah langkah pengamanan maksimum untuk disimpan dengan aman di ibu kota Ankara. Kotak akan dibuka pada jam 5 sore. 

Setelah pemungutan suara ditutup di Türkiye, dan penghitungan akan dilakukan di bawah pengawasan Direktorat Dewan Pemilihan Provinsi Asing. 

Dalam pemilihan presiden, suara yang diberikan di luar negeri secara langsung menambah persentase total perolehan suara kandidat di Türkiye. Dalam pemilihan parlementer, suara di luar negeri didistribusikan secara proporsional ke daerah pemilihan di seluruh negeri sesuai dengan jumlah pemilih dan surat suara yang diterima partai di setiap provinsi.

Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden akan digelar secara serentak pada hari Ahad, 14 Mei 2023.

Pilpres 2023 diikuti empat calon presiden: Recep Tayyip Erdoğan, Muharrem İnce, Kemal Kılıçdaroğlu, Sinan Oğan.

(Sumber: DailySabah)

Baca juga :