Yang Membangun Masjid Pertama di Inggris dan Mengislamkan 600 Orang Inggris

[PORTAL-ISLAM.ID]  William Henry Quilliam (10 April 1856 - 23 April 1932), yang telah pindah agama dari Kristen ke Islam pada abad ke-19 ketika dia mengunjungi Maroko, lalu mengganti namanya menjadi Abdullah Quilliam dicatat sebagai pendiri Masjid pertama di Inggris, tepatnya di Liverpool.

William Henry Quilliam dilahirkan di 22 Eliot Street, Liverpool, pada tanggal 10 April 1856, dari keluarga lokal yang kaya. Ia menghabiskan masa kecilnya di Isle of Man dan tumbuh sebagai seorang Methodist. Ia dididik di Institut Liverpool dan Sekolah Tinggi Manx King William.

Ia menjadi seorang pengacara pada tahun 1878, spesialisasi pada hukum kriminal dan melaksanakan di 28 Church Street, Liverpool. Ia digambarkan pada satu sisi oleh Liverpool Weekly Courier sebagai unofficial Attorney-General of Liverpool.

Sultan 'Abdul Ḥamīd ll (sultan terakhir Kesultanan Utsmani) mengakui kontribusi 'Abdullāh Quilliam pada penyebaran Islam di Inggris. Dia bahkan diberi gelar terhormat oleh Sultan. 

Dikatakan bahwa dia (Abdullah Quilliam) membantu 600 orang untuk memeluk Islam di Liverpool dan dia juga diakui sebagai Syekh Muslim di Inggris.

Semoga Allah memberinya Jannatul Firdaus!

Baca juga :