Syekh Khalid Yassin (77 tahun), Mantan Kristen, Penceramah AS Yang Telah Mengislamkan 6 Ribu Lebih

[PORTAL-ISLAM.ID] Syekh Khaled Yassin, tanggal lahir: 1 Februari 1946 (umur 77 tahun), adalah pendakwah Islam kelahiran Amerika Serikat.

Dia dibesarkan sebagai seorang Kristen di Amerika Serikat, dan sekarang tinggal di Inggris. Dia mendirikan sebuah lembaga dakwah yang berkontribusi pada mengislamkan lebih dari 6 ribu orang di seluruh dunia, terutama di Inggris, Amerika dan Australia, di mana dia memberikan ceramah untuk mengajak non-Muslim masuk Islam.

Sheikh Khalid Yasin saat ini tinggal di Manchester, Inggris dan mengajar Islam di Inggris Raya dan belahan dunia lainnya.

Sheikh Yasin sering bepergian ke luar negeri untuk menyebarkan ajaran Islam dan menyebut dirinya sebagai "media-badui", mengatakan bahwa orang Badui bersedia untuk menetap di mana pun ada "air dan tempat tinggal".

Latar belakang

Yasin lahir di Harlem, New York dan dibesarkan di Brooklyn sebagai seorang Kristen bersama dengan sembilan saudara kandung. Meskipun bukan yatim piatu, ia disiapkan untuk diadopsi karena keadaan keuangan keluarganya. Dia dibesarkan di panti asuhan sejak usia tiga tahun bersama beberapa saudara kandungnya, hingga dia berusia lima belas tahun. Dia menggambarkan setiap rumah asuh memiliki denominasi Kristen yang berbeda, jadi dia mencakup spektrum agama Kristen yang luas. Sebelum masuk Islam, Yasin adalah anggota geng.

Yasin menggambarkan masa mudanya di "ghetto". Dia mengatakan "Kami dulu tidak memiliki apa-apa, setelah masuk Islam dan menerima Islam sekarang kami memiliki segalanya". 

Ketika pertama kali mempelajari tentang Islam, dia sering menggunakan Encyclopædia Britannica sebagai sumber terpercaya tentang Islam dan konsep-konsepnya. Yasin merasakan kesedihan orang-orang Afrika-Amerika, dan dia sangat dipengaruhi oleh pergolakan tahun 1960-an dan tokoh-tokoh seperti Malcolm X.

Yasin masuk Islam pada tahun 1965. Dia memulai pelayanannya sebagai "Amir" atau pemimpin Jammat Ita'hadul Iqwa di Eastern Parkway di Brooklyn.

Beliau saat ini menjabat sebagai Direktur Institut Pendidikan Islam.

Foto atas: Sheikh Khalid Yasin bersama da'i Amerika Eddie Ridzovich, pembawa acara The Religion Show.

Kami memohon kepada Allah SWT untuk menjaga kita semua dalam Iman Islam.