Gempa Turki dan Suriah… korban tewas mencapai 12.000, dan operasi penyelamatan memasuki tahap kritis

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pencarian terus dilakukan untuk mencari korban selamat di antara puing-puing, dua hari setelah gempa telah merenggut nyawa sekitar 12.000 orang di Turkiye dan Suriah, dan menelantarkan banyak orang dalam cuaca dingin yang ekstrem.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) khawatir jumlah korban bisa mencapai 20.000, dan memperkirakan jumlah orang yang terkena dampak gempa mencapai 23 juta.

Sementara itu, Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa jumlah korban tewas di Turkiye telah meningkat menjadi 9 ribu 57 orang, dan yang terluka menjadi 52 ribu 979 orang, sedangkan jumlah bangunan yang runtuh mencapai 6 ribu 444 orang. Dikutip Aljazeera.

Badan Penanggulangan Bencana Turkiye (AFAD) mengatakan bahwa sekitar 100.000 personel pencarian dan penyelamatan sedang bekerja di daerah yang terkena dampak, dan pihak berwenang mengindikasikan bahwa jam-jam mendatang sangat penting untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap di reruntuhan.

Turkiye telah menerapkan keadaan darurat selama 3 bulan di daerah yang terkena dampak, setelah presiden Turki mengatakan bahwa negaranya sedang menghadapi bencana terbesar dalam sejarahnya.

Sementara itu, jumlah korban gempa di seluruh Suriah naik menjadi 2.902, dan jumlah korban luka mencapai lebih dari 5.000, sehingga total korban tewas di kedua negara menjadi lebih dari 11.000.

Tim pertahanan sipil – yang dikenal sebagai Helm Putih – di Suriah utara mengatakan bahwa jumlah korban kemungkinan akan meningkat, mengingat kesulitan dalam mencapai beberapa daerah yang terkena dampak, kurangnya kemampuan dan alat berat, serta cuaca dingin.

Pertahanan Sipil mengindikasikan bahwa lebih dari 375 bangunan runtuh total, lebih dari 1.200 bangunan runtuh sebagian, dan ribuan bangunan lainnya retak.[Islamicgeo]
Baca juga :