Big Data versi Fenometer: Elektabilitas Anies Baswedan Tertinggi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Nama Anies Baswedan setelah dideklarasi sebabagi calon presiden oleh Partai Nasdem pada bulan Oktober 2022 masih menjadi yang paling tinggi dibicarakan warganet.

Hal ini terungkap dalam monitoring digital yang dilakukan oleh Fenometer. 

Founder Fenometer, Teguh Handoko mengatakan, monitoring cerdas digital ini dilakukan dari bulan Oktober hingga Desember 2022. 

Data diperoleh dari hasil percakapan netizen di kanal-kanal media sosial (medsos) seperti Twitter, Instagram, YouTube, Facebook, dan News Online. 

Dari hasil metodologi pengumpulan data dan metodologi data analisis, Teguh memaparkan bahwa Anies Baswedan memiliki tren perbicangan yang cukup tinggi selama kurun waktu Oktober hingga Desember 2022. 

Teguh juga menyebut, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memiliki tingkat persentase elektabilitas digital yang tinggi bila dibandingkan dengan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. 

"Selama periode Oktober hingga Desember 2022, tren percakapan seputar Anies Baswedan menghasilkan total mention sebanyak 2.042.158 kali dengan total sentimen positif sebanyak 1.072.883, sentimen negatif 452.853, sentimen netral 516.422, dan tingkat persentase elektabilitas digital sebesar 22.26 persen," ujar Teguh Handoko dalam keterangannya, Rabu (11/1/2023). 

Teguh mengungkapkan, dalam kurun waktu tersebut, monitoring yang dilakukan terhadap Ganjar Pranowo dan Erick Thohir juga memberikan hasil bahwa Ganjar Pranowo ada di peringkat kedua dan Erick Thohir di peringkat ketiga. 

"Perbincangan seputar Ganjar Pranowo selama periode Oktober-Desember kemarin, menghasilkan jumlah mention sebanyak 1.178.781 kali dengan sentimen positif sebanyak 650.500, sentimen negatif 142.921, sentiment netral 385.360 dengan persentase elektabilitas digital sebesar 17.06 persen," jelasnya. 

"Sedangkan untuk Erick Thohir, jumlah mention sebanyak 842.280 kali dengan sentimen positif 631.282, sentimen negatif 65.197, sentimen netral 145.801 dengan persentase elektabilitas digital 15.25 persen," tambah Teguh. 

Lanjut Teguh, selama periode Oktober-Desember 2022, kandidat yang memperoleh Reach terbesar adalah Anies Baswedan. Hal ini menunjukkan banyaknya akun-akun dengan follower besar dan juga media online yang turut serta menyebarkannya.

(Sumber: Sindonews)