Koran Haaretz Israel: "Pemenang sesungguhnya Piala Dunia di media sosial adalah Palestina"

[PORTAL-ISLAM.ID] DOHA - Palestina sejatinya tidak ikut serta di Piala Dunia 2022. Tapi, mereka jadi primadona di Qatar lantaran benderanya berkibar di mana-mana.

Palestina menjadi peserta terselubung di turnamen sepak bola empat tahunan itu. Terbukti, bendera berwarna hitam, putih, hijau dan merah sering berkibar selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

Ada yang berbeda pada Piala Dunia kali ini. Banyak dukungan yang disampaikan sejumlah pengunjung tim peserta kepada Palestina.

Nyatanya, selain bendera 32 kontestan, bendera Palestina dan nyanyian “bebaskan Palestina” sering berkumandang di jalan-jalan, Fan Festival, stadion, pasar, dan terutama gaungnya sangat massif media sosial.

Walau bukan kontestan, nama Palestina dan benderanya justru terlihat di mana-mana. Sampai-sampai, media-media Amerika Latin menyebut Palestina sebagai negara ke-33 di Piala Dunia 2022.

Bahkan media ternama Israel Haaretz menyebut: "Pemenang sesungguhnya Piala Dunia di media sosial adalah Palestina".

Ya, inilah pesta sepak bola yang sesungguhnya. Di sini jutaan orang datang bukan hanya merayakan sepak bola, namun juga keragaman dan solidaritas umat manusia.

Terlebih, ini kali pertama Piala Dunia digelar di negara Arab. Sehingga, ajang ini lebih mudah diakses oleh orang-orang Palestina secara geografis, logistik dan budaya.

Selain itu, bermain di tanah Arab memberi ruang bagi mereka untuk berekspresi tanpa khawatir tekanan.

Alhasil, Palestina mampu menebar pesonanya pada Piala Dunia 2022, sekaligus menyatukan orang-orang Arab dalam euforia, serta menegaskan komitmen mereka terhadap perjuangan Palestina.

Kalimat “bebaskan Palestina” merebak di Qatar dan bak menjadi ekspresi kebebasan, serta simbol perlawanan. Wajar jika kemudian, bendera Palestina berkibar di banyak pertandingan Piala Dunia 2022.

Bahkan, ada seorang suporter Tunisia yang mengibarkan bendera Palestina berlari ke lapangan sebelum dihentikan pihak keamanan jelang pertandingan Tunisia vs Prancis, 30 November lalu.

Aksi suporter itu langsung mengilhami suporter lainnya untuk meneriakkan, “Palestina, Palestina, Palestina.”

Uniknya, bukan hanya bangsa Arab yang melakukan gerakan mendukung Palestina di Piala Dunia 2022. Beberapa suporter Brasil pun ikut-ikutan menyanyikan yel, yel, “Bebaskan Palestina, Bebaskan Palestina,” saat menumpang Metro, sambil mengibarkan bendera Palestina yang dibagikan di jalan.

Bahkan viral dalam sebuah video di media sosial, sikap yang ditunjukkan suporter Inggris saat diwawancarai reporter TV Israel.

Saat sang reporter Israel bertanya, “is it coming home? (Apakah trofi Piala Dunia akan pulang ke Inggris?), mereka malah menjawab, "but more importantly... free Palestine...!" (tapi yang lebih penting... bebaskan Palestina...!).

Fenomena dan pencapaian Maroko hingga semifinal juga turut melambungkan Palestina. Karena para pemain dan suporter Maroko sangat menunjukkan dukungannya pada Palestina.

[Video]