ADA PERAN TURKI di PIALA DUNIA QATAR

ADA TURKI DI PIALA DUNIA QATAR
(by Azwar Tahir)

⚽Kolaborasi Turki dan Qatar sudah lama tertanam dan terus tumbuh.

⚽Setidaknya ada 767 perusahaan Turki di Qatar yang beroperasi di beragam sektor vital (The Peninsula Qatar, Oktober 2022).

⚽Perusahaan-perusahaan Turki ikut andil membangun Doha Metro (Gulf Times, September 2022).

⚽Berkat adanya hubungan bilateral di bidang keamanan antara Qatar dan Turki, lebih dari 3.000 petugas Turki (polisi dan satpam) dikerahkan untuk menjaga keamanan selama Piala Dunia bekerjasama dengan petugas keamanan Qatar.

⚽ Presiden Turki, Erdogan, hadir menyaksikan laga pertama: Qatar vs Ekuador.

⚽Jelang pembukaan Piala Dunia, chef populer asal Turki, CZN Burak, membuka restoran di Doha.

⚽Media Turki, TRT, adalah satu di antara media yang terdepan dalam mengabarkan Piala Dunia Qatar.

⚽Ada tayangan testimoni fans yang mendapat banyak cerita miring sebelum ke Qatar. Namun terbantahkan setelah berinteraksi langsung dengan warga dan mengunjungi masjid. Bahkan kefikiran untuk menjadi Muslim.

⚽Ada social experiment oleh reporter TRT yang sengaja meninggalkan uang di tempat umum lalu mewawancarai pengunjung perempuan perihal pendapat mereka tentang keamanan Qatar. Setelah 1 jam kembali dan uang tersebut masih utuh. Mengkonfirmasi hasil wawancaranya bahwa Qatar memang terbukti aman. Menurut Numbeo Crime Index, dari 142 negara yang disurvei pada tahun 2022, Qatar menempati peringkat pertama dalam hal keamanan.

⚽TRT juga mengangkat sisi elegan dan bersejarah Piala Dunia yakni kesuksesan tim Maroko. Masuk di dalamnya foto-foto sujud syukur, bendera Palestina, dan tarian Boufal bersama sang ibu.

⚽Ada liputan promosi destinasi wisata budaya Qatar, Katara.

⚽Di bidang kajian strategis, think tank Turki, SETA, merilis dua opini perihal Piala Dunia Qatar:

1. World Cup in Qatar: Sports Diplomacy as a Soft Power Instrument (Piala Dunia di Qatar: Diplomasi Olahraga sebagai Instrumen Kekuasaan Lunak)

2. World Cup 2022: Massive hypocrisy of the West toward Qatar (Piala Dunia 2022: Kemunafikan Massif Barat terhadap Qatar)