TERUNGKAP! Relawan 'Rumah Ganjar' Didanai dan Dikomandoi Salah Satu Komisaris Anak Perusahaan BUMN Migas

LIPUTAN KHUSUS DETIK-X:

Mesin politik yang mendongkrak citra politik Ganjar Pranowo semakin besar, berkebalikan dengan dukungan PDIP terhadapnya. 

Sekitar 18 kelompok relawan bergabung dalam Rumah Ganjar. Tugas mereka merancang strategi propaganda untuk perang opini membentuk persepsi publik. Tujuannya mendukung Ganjar menjadi calon presiden dalam Pilpres 2024. 

Seperti dilansir detikX, Rumah Ganjar memiliki peran tersendiri yakni sebagai koordinator dan penyedia kebutuhan para relawan. Termasuk bertugas melakukan pemetaan di daerah dan menyediakan bahan propaganda politik bagi para relawan.

Namun, saat ini mereka masih enggan terbuka ke publik lantaran menghindari benturan dengan PDIP. 

Akan tetapi, terkait sumber pendanaan, narasumber detikX membeberkan Rumah Ganjar dikomandani oleh salah satu komisaris anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang migas

"Mereka belum secara resmi pakai nama Rumah Ganjar. Sepertinya di pertemuan lanjutan akan pakai nama lain, sampai nanti jelas Ganjar dapat tiket dari partai," ucap salah satu relawan yang enggan diungkap identitasnya.

Lantas di mana lokasi Rumah Ganjar ini? Para kelompok relawan biasanya bertemu di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di sebuah rumah yang disewa dengan biaya Rp 600-an juta. Markas Rumah Ganjar ini berada di kawasan perumahan elite dengan bangunan dua lantai berkelir putih dengan gerbang tinggi warna cokelat yang terbuat dari kayu.

"Sering di sana ada konsolidasi, ya ada juga kelompok relawan yang ambil dana di sana. Nggak semua, karena sebagian sudah ada juragannya masing-masing," tuturnya.

👉Baca artikel detiknews, "Barisan Capres Bernama Rumah Ganjar" selengkapnya https://news.detik.com/pemilu/d-6317371/barisan-capres-bernama-rumah-ganjar


Baca juga :