Respons Anies Baswedan soal Penunjukan Orang Istana Jadi Pj Gubernur DKI

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan yang akan selesai masa tugasnya pada 16 Oktober mendatang.

Heru Budi Hartono saat ini menjabat Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Jokowi.

Heru Budi Hartono bukan nama yang asing di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 

Heru Budi Hartono pernah menjabat Wali Kota Jakarta Utara semasa Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Di era Gubernur Basuki T Purnama (Ahok), Heru Budi Hartono ditunjuk menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD). 

Respons Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat kepada Kasetpres Heru Budi Hartono menjadi Pj Gubernur DKI. Anies mengatakan pengalaman Heru di Jakarta bakal menjadi bekal selama menjabat Pj Gubernur.

"Selamat kepada Pak Heru Budi yang mendapatkan amanat untuk menjadi Pj di DKI Jakarta, kami percaya pengalaman yang beliau miliki akan menjadi bekal yang sangat baik," kata Anies di Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (7/10/2022).

Anies percaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil keputusan dengan baik. Sejumlah aspek telah dipertimbangkan.

"Kami percaya bahwa Bapak Presiden mengambil keputusan dengan mempertimbangkan seluruh faktor yang lengkap demi kebaikan bagi masyarakat Jakarta," ujar dia.

Anies menyampaikan rasa hormat kepada Heru. Dia bersyukur Pj Gubernur DKI merupakan orang yang memiliki pemahaman tentang kondisi Jakarta.

Pokoknya Didukung Tanpa Syarat

Dalam liputan video Kompas, Anies menyampaikan dirinya akan mendukung penuh Pj Gubernur DKI Jakarta tanpa syarat.

"Sebagai mantan Gubernur kami siap untuk mendukung. Pokoknya didukung tanpa syarat, dukung total, sehingga beliau bisa menjalankan tugas di Jakarta dengan sebaik-baiknya," kata Anies.

[VIDEO]