Anis: KEPADA BANGSA, KEPADA RAKYAT

Bertepatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, buku Kepada Bangsa Kepada Rakyat ini terbit. Buku ini bentuk syukur saya atas kemerdekaan bangsa kita dari penjajahan fisik. Tentunya ada masih banyak bentuk 'penjajahan' yang harus dimerdekakan oleh kita semua, yang untuk itulah mengapa buku ini hadir. 

Buku ini undangan terbuka saya kepada semua komponen bangsa ini untuk mendiskusikan arah perjuangan Indonesia di tengah situasi krisis nasional dan global yang makin kompleks dan sangat dinamis. Kita tahu, pada setiap 100 tahun ada skala perubahan yang bersifat lebih besar dari negara maupun masyarakat. Jika kita perhatikan perubahan yang terjadi pada abad ke-20 lalu, ledakan-ledakan terjadi di pertengahan. Ledakan paling besar terjadi saat Perang Dunia II, yang kelak imbasnya hadirlah perlawanan rakyat Indonesia dan berujung proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Saya berterima kasih kepada Poestaka Rembug Kopi yang menerbitkan buku ini. Semoga bisa memperkaya khazanah literasi kita.

Apakah Anda sudah miliki bukunya? Silahkan pesan di Poestaka Rembug Kopi 

Selamat membaca, MERDEKA!!

(Anis Matta)