Menyebut Mahasiswi Menutup Kepala ala Manusia Gurun, Guru Besar UMS: Rektor ITK Rasialis dan Anti-Pancasila!

[PORTAL-ISLAM.ID] Tulisan Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Prof Budi Santoso Purwokartiko yang menyebut mahasiswi menutup kepala ala manusia gurun adalah perbuatan rasialis dan anti-Pancasila.

“Rasialis dan xenofobia. Jelas-jelas anti Pancasila,” kata Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Aidul Fitriciada di akun Twitter-nya @AidulFa, Jumat (29/4/2022).

Aidul mengatakan seperti itu mengomentari akun Twitter @maspiyuaja: Kok Bisa Ya Seorang Prof. Budi Santosa Purwokartiko Kayak Gini? Pakaian Muslimah “Menutup Kepala Ala Manusia Gurun”??? 

Saat ini beredar tulisan Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Prof Budi Santoso Purwokartiko di akun Facebook-nya menyebut penutup kepala manusia gurun.

Tulisan Budi Santoso menceritakan saat menyeleksi para mahasiswi yang akan belajar ke luar negeri melalui biaya LPDP Kementerian Keuangan.

“Jadi 12 mahasiswi yang saya wawancarai tidak satupun yang menutup kepala ala manusia gurun,” tulis Budi Santoso.

Kata Budi Santoso, para mahasiswi yang akan belajar ke luar negeri tanpa penutup kepala adalah manusia-manusia yang pemikirannya terbuka.

“Mereka mencari Tuhan di negara-negara maju seperti Korea Selatan, Eropa dan Amerika Serikat bukan ke negara orang-orang pandai bercerita tanpa karya teknologi,” ungkapnya.

Setelah menuai kecaman luas, Budi Santoso akhirnya menghapus tulisan kontroversi di akun Facebook-nya.

Namun jejak digitalnya sudah tersebar luas.[KN]