Arnold Schwarzenegger Ungkap Kebohongan Propaganda Putin, Videonya Viral Hingga Ditonton 30 Juta Tayangan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Bintang Hollywood Arnold Schwarzenegger pada Kamis (17/3/2022) mengunggah video khusus di akun twitternya terkait serbuan Rusia ke Ukraina.

Mantan Gubernur California itu (menjabat 2003 hingga 2011) mengatakan kepada orang-orang Rusia bahwa mereka diberi informasi yang salah tentang serangan negara mereka di Ukraina. 

Arnold mengatakan dalam video sembilan menit di Twitter, bahwa Kremlin sengaja berbohong kepada warga Rusia dengan mengatakan invasi itu dimaksudkan untuk "denazifikasi" Ukraina. Rusia sendiri menggambarkan tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus".

"Ukraina tidak memulai perang ini, begitu pula nasionalis atau Nazi," katanya, seraya menyebutkan bahwa Presiden negara itu Volodymyr Zelensky adalah orang Yahudi. "Ini bukan perang rakyat Rusia," kata Arnold, dalam video.

Invasi terbesar Eropa sejak Perang Dunia II itu telah menghancurkan kota-kota Ukraina dan menyebabkan lebih dari 3 juta pengungsi melarikan diri ke negara-negara tetangga. Tidak jelas berapa banyak orang di Rusia yang tahu tentang perang, setelah Kremlin memutus akses ke berbagai saluran media dan situs web.

Schwarzenegger meminta warga Rusia untuk menyebarkan berita tentang "bencana manusia" akibat perang ini.

Sang Terminator juga mengungkap rasa hormat kepada rakyat Rusia yang berani bersuara untuk memprotes perang.

"Kalian ditangkap. Kalian dipenjara dan kalian dipukuli. Kalian adalah pahlawan baruku," Arnold Schwarzenegger menuturkan.

"Kalian memiliki kekuatan Yury Petrovich Vlasov. Kalian memiliki hati Rusia sejati. Teman Rusiaku tersayang, semoga Tuhan memberkati kalian," ia menyambung.

"Dunia telah melihat keberanian Anda (menolak perang Rusia). Kami tahu Anda telah menanggung konsekuensi dari keberanian Anda (ditangkap, dipenjara)," katanya. 

Kepada tentara Rusia, Arnold mengatakan, ribuan tentara Rusia telah tewas, sementara para pemimpin mereka berbohong kepada mereka.

"Hidup Anda, anggota tubuh Anda, masa depan Anda telah dikorbankan untuk perang yang tidak masuk akal," katanya kepada tentara Rusia. Ia juga mengatakan, ayahnya memiliki pengalaman serupa sebagai tentara Austria selama Perang Dunia II.

Di akhir video, Arnold secara langsung mengatakan kepada Putin.

"Kamu yang memulai perang ini, kamu yang memimpinnya, kamu bisa menghentikannya," tuturnya.

Video ini lantas menjadi viral. Di Twitter, video ini sudah ditonton mencapai 30 juta tayangan.

[VIDEO]