Posisi Presiden Erdogan Dalam Pentas Politik Dunia Islam Internasional

Posisi Presiden Erdogan Dalam Pentas Politik Dunia Islam Internasional

Bisa dikatakan bahwa beliau adalah Politisi Muslim paling sukses abad ini.

Di Turki, beliau adalah sosok pemimpin terkuat setelah Attaturk. 

Tapi jika mau dinilai dengan variabel yang fair. Saya justru melihat Erdogan lebih hebat dari Attaturk.

Karena Erdogan adalah pemimpin terpilih lewat pemilu yang jujur. Beda dengan Attaturk yang memimpin dengan penuh pencitraan dan kebohongan.

Attaturk dan pemimpin Turki sekuler setelah dia, semua menang lewat pemilu yang kotor, dan dengan cara-cara yang haram. Termasuk dengan cara-cara kudeta.

Sedangkan Erdogan, dia 20 tahun terpilih secara berkelanjutan tanpa kalah satu kali pun. Selalu menang lewat pemilu yang transparan dan terbuka.

Itu jika kita mau membandingkan Erdogan dengan para pemimpin sukuler Turki lainnya.

Kemudian, apabila kita mau mengcompare Erdogan dengan para pemimpin haluan Islam di Turki. Maka Erdogan kembali unggul.

Karena dalam sejarah Turki modern, ada 4 pemimpin Turki haluan Islam yang sudah berhasil naik ke tampuk kekuasaan.

Adnan Menderes, Torgut Ozal, Erbakan, dan Erdogan. Dari keempat orang ini, Erdogan kembali menorehkan sejarah sebagai pemimpin paling sukses memimpin Turki.

Menderes digantung militer, Turgut Ozal diracun, Erbakan dikudeta. Dan Erdogan yang bertahan. Jadi Erdogan unggul baik jika dibandingkan dengan kalangan sekuler ataupun dengan kalangan islamis sekaligus.

Bahkan bukan hanya di Turki, Erdogan juga unggul jika dibandingkan dengan tokoh tokoh muslim lainnya di pentas politik dunia.

Karena kebanyakan pemimpin muslim di dunia saat ini berasal dari kerajaan yang tidak dihasilkan lewat kotak suara. Yang apabila mereka ikut pemilu, belum tentu mereka akan berhasil terpilih dan bertahan.

Sedangkan yang lainnya berasal dari partai partai politik yang juga memenangkan pemilu dengan cara cara curang. Kelompok pertama yang gak ikut pemilu ada Raja Yordania, Raja Arab Saudi, Emir Bahrain, Emir Dubai, dll yang sejenis mereka.

Sedangkan politisi muslim yang ikut pemilu tapi pemilu nya kotor. Disini termasuk Raja Yordania, Presiden Tunisia, Presiden Suriah, Iran, Irak, dll yang sejenis mereka. Termasuk juga dalam kategori ini adalah Presiden Indonesia.

Jadi, jika mau dinilai secara fair dengan kacamata demokrasi yang sehat, maka Erdogan satu satunya pemimpin muslim yang berhasil memenangkan pertarungan demokrasi dengan sempurna selama 20tahun. Ini sangat langka di zaman sekarang di dunia.

Inilah mengapa, saya melihat Erdogan layak menjadi tokoh politik paling menginspirasi Dunia Islam khususnya dan dunia pada umumnya.

Itulah mengapa juga, lembaga lembaga think tank internasional yang kredibel selalu mengeluarkan laporan yang objektif. Bahwa Erdogan saat ini adalah pemimpin paling berpengaruh di dunia Islam. 

Perlu diingat, bahwa yang merilis laporan ini bukanlah lembaga think tank milik muslim. Tapi justru ini hasil dari analisis lembaga internasional independen yang di kelola non muslim. Karena ini murni penilaian objektif bukan survei afiliatif.

Tengku Zulkifli Usman
(Pengamat Geopolitik Dunia Islam Internasional)