[BREAKING] Akhirnya Joseph Suryadi Ditetapkan Jadi Tersangka, Penghinaan Nabi Muhammad

[PORTAL-ISLAM.ID] Jakarta - Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan terhadap Joseph Suryadi usai ramai tagar #TangkapJosephSuryadi. Joseph Suryadi ditetapkan sebagai tersangka.

"Siang ini penyidik Krimsus telah menetapkan tersangka (kepada) yang melakukan postingan tersebut, atas nama Joseph Suryadi, umur 39 tahun," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Sebelumnya, Joseph Suryadi diperiksa terkait postingan di grup WhatsApp. Postingan itu berupa penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Postingan itu kemudian tersebar luar di jejaring sosial sehingga muncul tagar #TangkapJosephSuryadi di Twitter.

Zulpan mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap Joseph Suryadi. Hasil pemeriksaan dia mengakui perbuatannya.

"Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan sejak kemarin terhadap seseorang yang melakukan postingan hal itu dengan kata-kata, kalimat-kalimat yang timbulkan kebencian bermuatan SARA dengan sengaja atau penodaan suatu agama," jelasnya.

Joseph Suryadi mulai ditahan di Polda Metro Jaya hari ini.

Joseph Suryadi Lapor Polisi Ngaku Hilang HP

Sebelumnya, Joseph Suryadi mengaku kehilangan ponselnya. Joseph Suryadi juga sudah melapor ke polisi.

Anggota Binmas Polsek Tanjung Duren Ipda Sunarno mengatakan hal itu.

"Dari info yang kami dapat, tadi itu kakaknya pagi tadi udah ke Polsek Tanjung Duren melaporkan dan sama dianya juga bahwa HP yang bersangkutan itu hilang sejak Hari Kamis (9/12) lalu," kata Sunarno.

Menurut Sunarno, postingan yang kemudian membuat Joseph Suryadi menjadi tertuduh pelaku penistaan agama ini terjadi setelah ponsel tersebut hilang. Menurutnya lagi, Joseph Sunarno telah lapor ke Polda Metro Jaya atas kejadian ini.

"Nah, begitu hilang itulah akhirnya digunakan untuk itu. Begitu hilang karena ini masalah IT dan dia udah datang ke Polsek akhirnya kita arahkan ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan HP-nya ilang itu. Dengan HP-nya ilang itu kan akhirnya dipake untuk begitu (posting penghinaan nabi) gitu loh," jelasnya.