Pertempuran Sengit, Taliban Hancurkan Markas ISIS di Kabul

[PORTAL-ISLAM.ID] KABUL - Taliban pada Senin (4/10/2021) mengumumkan telah menghancurkan markas ISIS di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Serangan terhadap markas ISIS itu adalah balasan atas bom di masjid Afghanistan beberapa jam sebelumnya yang menewaskan lima orang.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan bahwa para anggotanya melakukan operasi di utara Kabul pada Minggu (3/10/2021) malam.

"Tadi malam, di distrik ke-17 Kabul, unit khusus Mujahidin Imarah Islam melakukan operasi terhadap sarang gerilyawan ISIS. Akibat operasi yang sangat menentukan dan sukses ini, pusat ISIS hancur total dan seluruh anggota ISIS di dalamnya tewas," tulis Mujahid di Twitter, Senin (4/10/2021).
Para saksi dan wartawan AFP mendengar ledakan dan tembakan di Kabul pada saat serangan, dan foto-foto di media sosial menunjukkan ledakan besar serta api di tempat kejadian. (lihat foto atas)

Penduduk Kabul dan pegawai pemerintahan, Abdul Rahaman, mengatakan kepada AFP bahwa sejumlah besar pasukan khusus Taliban menyerang setidaknya tiga rumah di kawasan tempat tinggalnya.

"Pertempuran berlanjut selama beberapa jam," katanya, seraya menambahkan ada suara senjata yang membuatnya tetap terjaga sepanjang malam.

"Mereka bilang mereka mengejar anggota Daesh (ISIS) di daerah itu," lanjut Rahman.

"Saya tidak tahu berapa banyak yang terbunuh atau ditangkap, tetapi pertempuran itu sengit."

Operasi tersebut terjadi beberapa jam setelah serangan mematikan di Masjid Besar Eid Gah untuk mendoakan ibu juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, yang meninggal pekan lalu.

Seorang pejabat komisi budaya pemerintah, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada AFP bahwa lima orang tewas dan 11 terluka. Korban termasuk warga sipil dan anggota Taliban.

"Kami juga telah menangkap tiga orang sehubungan dengan ledakan itu," katanya.

Menurut pejabat tersebut, bom ditempatkan di pintu masuk masjid dan diledakkan ketika pelayat pergi setelah menyampaikan belasungkawa kepada Zabihullah Mujahid dan keluarganya.

Kelompok radikal ISIS-Khorasan (ISIS-K) yang terafiliasi dengan ISIS sudah mengklaim serangan di masjid Ibu Kota Kabul. Mereka menyebut, mengincar militan Taliban dan menegaskan tetap tidak bisa berdamai dengan Taliban yang telah merebut Ibu Kota Kabul pada Agustus 2021. (*)