Tere Liye: Pengin Indonesia Seperti Penonton Liga Inggris? Ayo Vaksin!

Liga Inggris telah digelar kembali. Semalam MU menang, Chelsea menang, Liverpool menang. Pesta gol semua.

Stadion padat, penuh sesak. Penonton tidak lagi memakai masker. Wah, mereka tidak prokes? 
Masih. Pandemi masih ada di sana.

Tapi tentu mereka sudah bisa melakukannya.

Di Inggris, sudah 89% penduduk usia 18 tahun ke atas yang vaksin (75% diantaranya lengkap 2x). Dan mereka bersiap menyambut vaksin booster ke-3x.

Apakah Inggris masih mungkin bisa terkena covid gelombang ke-3? Masih. Selalu mungkin. Tapi dengan angka vaksin yang terus naik, jumlah penduduk yang sakit berat dan harus dibawa ke RS berkurang signifikan. 

Ketika RS bisa mengatasi penyakit ini, sama seperti penyakit-penyakit lain, maka covid-19 akan jadi endemik seperti flu/pilek musiman saja. Vaksin membantu mengurangi signifikan gejala berat, dirawat, dll.

Lihatlah, gambar ini. Firmino memeluk Salah. Pertandingan tadi malam. Dengan latar penonton penuh sesak. Seru banget lihatnya. Setelah 1,5 tahun berlalu. Penyuka bola kangen atmosfer seperti ini...

Kita pengin begitu? Mudah. Ayo vaksin. 🙂 Sekali kita menyentuh angka 70% sudah divaksin lengkap, waah, kita bisa mulai bicara tentang seperti negara-negara lain ini.

Apakah vaksin berbahaya? Dua tahun lagi mati semua yang divaksin, jadi zombie yang divaksin? Jika iya, maka negara-negara maju habis semua penduduknya nanti. 

(By Tere Liye)