100 Tahun Soeharto, Anies: Hikmah dan Keteladanannya Patut Kita Ambil

[PORTAL-ISLAM.ID]  Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peringatan 100 Tahun Soeharto di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Selasa, 8 Juni 2021. Anies mengenang Soeharto sebagai sosok pemimpin yang memiliki kematangan jiwa dan mental yang luar biasa.

"Ketenangan dalam menghadapi situasi apapun, mengirimkan pesan kepada semua yang nuansanya selalu kebapakaan, nuansanya mengayomi, dan nuansanya membangun perasaan persatuan," kata Anies saat ditemui usai acara.

Anies mengatakan Soeharto banyak meninggalkan program yang sampai hari ini dirasakan masyarakat Indonesia. Di bidang kesehatan, ada pembangunan puskemas yang ia sebut telah merata. Di bidang pendidikan, ada juga pembangunan SD Inpres hingga di tingkat Perguruan Tinggi.

Anies pun mengajak masyarakat ikut mendoakan Soeharto. Bagi dia, semangat perjuangan Soeharto membangun Indonesia harus diteladani oleh masyarakat Indonesia. 

"Kita mengambil hikmahnya, mengambil keteladanan dari Pak Harto, sekaligus kita doakan semoga Pak Harto mendapatkan tempat yang mulia yang ditinggikan di sisi Allah," kata Anies.

Dalam acara itu, anak-anak Soeharto yakni Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut, Bambang Trihatmojo, Siti Hediati Heriyadi alias Titiek, dan Hutomo Mandala Putra alias Tommy hadir. Hanya Sigit Harjojudanto dan Siti Hutami Endang Adiningsih alias Mamiek yang tak hadir langsung. Mereka diketahui ada di luar kota dan hanya dapat ikut secara virtual.

Selain Anies, tokoh nasional yang juga hadir dalam peringatan satu abad Soeharto antara lain mantan suami Titiek sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Politikus Partai Golkar Akbar Tanjung, Ketua MPR Bambang Soesatyo, hingga ulama Din Syamsuddin. 

(Sumber: Tempo)
Baca juga :