Turki Akan Miliki Vaksin Dalam Negeri Akhir 2021, Siap Berbagi dengan Negara Miskin

[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA - Turki menargetkan untuk memiliki vaksinnya sendiri pada akhir 2021, kata Menteri Industri dan Teknologi Mustafa Varank, Senin (15/3/2021).

Berbicara di acara Program Sektor Kompetitif yang diselenggarakan bersama oleh Turki dan Uni Eropa, Mustafa Varank mengatakan, Turki akan memulai uji coba vaksin domestik pada manusia setelah mendapat izin dari Badan Obat dan Alat Kesehatan Turki (TITCK).

“Untuk tiga kandidat vaksin – tidak aktif, VLP dan berbasis adenovirus – TITCK telah menerima pengajuan,” kata Varank.

Memperhatikan bahwa prosesnya akan memakan waktu lama, Varank mengatakan ada “perang vaksin” di dunia dan negara-negara miskin tidak menerima vaksin.

“Oleh karena itu, kami tahu bahwa vaksin yang akan kami kembangkan akan menjadi keberhasilan penting dalam memerangi pandemi yang akan berlanjut selama bertahun-tahun, dan kami sedang mempersiapkan untuk membagikannya dengan negara lain.”

Dia mengatakan bahwa ada beberapa proyek di universitas Turki, “Misalnya, salah satu profesor di Kayseri saat ini sedang melakukan studi Fase 2 tentang kandidat vaksin, dan dia hampir memasuki ke Fase 3.”

(Sumber: Anadolu Agency)