Dibangun 40 Lantai, Gubernur Anies Harap Pasar Senen Jadi Ikon Sentra Perdagangan Di Ibukota

𝐃𝐢𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧 𝟒𝟎 𝐋𝐚𝐧𝐭𝐚𝐢, 𝐆𝐮𝐛𝐞𝐫𝐧𝐮𝐫 𝐀𝐧𝐢𝐞𝐬 𝐇𝐚𝐫𝐚𝐩 𝐏𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐒𝐞𝐧𝐞𝐧 𝐉𝐚𝐝𝐢 𝐈𝐤𝐨𝐧 𝐒𝐞𝐧𝐭𝐫𝐚 𝐏𝐞𝐫𝐝𝐚𝐠𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐈𝐛𝐮 𝐊𝐨𝐭𝐚

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kegiatan groundbreaking di area blok VI Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (10/3/2021). Pembangunan ini diharapkan dapat menghadirkan ikon baru sentra perdagangan di Ibu Kota, selain Pasar Tanah Abang .

Anies mengatakan, groundbreaking merupakan rencana yang telah diupayakan oleh Pemprov DKI Jakarta dan baru bisa direalisasikan saat ini, dengan target penyelesaian pembangunan pada kuartal kedua tahun 2022. Dia menyebutkan, kawasan ini sangat vital karena berada dalam area transit oriented development.

"Jadi, Insya Allah tahun depan kita bisa berkumpul kembali di sini untuk sama-sama menghadiri proses peresmiannya. Tadi ada satu yang disampaikan tentang ini sebuah konsep transit oriented development, dan kita di Jakarta sedang menggeser pola pembangunan yang awalnya hanya berbasis car oriented development," kata Anies seperti dilansir dari Sindonews.com, Rabu (10/3/2021). 

Alasan Anies menjelaskan hal tersebut dilatarbelakangi bahwa sistem pembangunan car oriented development selama ini hanya mengandalkan kendaraan pribadi sebagai media untuk mobilitas. 

Sementara itu, untuk transit oriented development bisa memanfaatkan aspek transportasi umum yang memungkinkan siapapun untuk bergerak menggunakan fasilitas umum, dimulai dari trotoar, halte, stasiun, hingga transportasi umum itu sendiri.

Kemudian, orang nomor satu di DKI ini menilai, lokasi Pasar Senen Blok VI ini punya cerita masa lalu yang tak lekang oleh waktu dan tercatat dalam sejarah. Melalui rencana pembangunan yang akan dikerjakan tersebut, Anies berharap, bangunan ini nantinya memiliki banyak fungsi untuk kegiatan masyarakat, bahkan menjadi tempat yang bisa disandingkan dengan Pasar Tanah Abang.

"Kawasan Pasar Senen adalah tempat yang punya sejarah panjang. Jika kita pelajari, tempat ini dibangun pada tahun 1735, hingga kini sudah mengalami periode yang sangat panjang. Dari awalnya dibuka aktivitasnya yang dimulai pada hari Senin, karena itu disebut dengan istilah Pasar Senen, bahkan di Jakarta ada pasar harian. Oleh karena itu, saya berharap lokasi ini kelak menjadi multifungsi serta bisa menjadi salah satu ikon sentra perdagangan di Jakarta," tutur Anies.

Untuk diketahui, bangunan baru Pasar Senen Blok VI direncanakan dengan pengembangan mixed use yang terdiri dari 40 lantai, di mana 5 lantai digunakan untuk pasar, 3 lantai gedung parkir, dan 32 lantai digunakan untuk hunian, dengan luas bangunan keseluruhan 88.065,35 meter persegi. Pada lantai pasar, akan digunakan sebagai tempat usaha bagi pedagang eksisting dan pedagang baru. Sedangkan, untuk hunian, rencananya akan dibangun sebanyak 574 unit. Namun, di tahap awal pembangunan difokuskan ke bangunan pasar dan parkir setinggi 8 lantai agar pedagang bisa segera menggunakannya untuk berdagang.

Kegiatan groundbreaking ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria; Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin; Ketua Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta, Muhamad bin Salim Alatas; Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati; dan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma beserta jajaran; serta perwakilan pedagang Blok VI Pasar Senen, Usdin Nainggolan.

[Video]
Baca juga :