Erdogan Melampaui Sekularisme

Erdogan Melampaui Sekularisme

Di antara para penulis aktif di media sosial yang telaten dan loyal mengikuti perkembangan Turki di bawah Erdoğan tersebutlah nama Dr. Nandang Burhanudin, MA.

Namanya melekat sebagai pemerhati sekaligus pembela Turki. Hal itu ia lakukan tanpa harus menjadi pendengung yang hanya membeo saja apa kata media pendukung Erdoğan. Beberapa informasi bias dan tendensius dari media arus utama di negara kita, kiranya bisa diimbangi dengan ulasan Nandang.

Buku ini tentunya ditujukan sebagai informasi permukaan atau awalan mengenal polah dan atraksi politik Turki di bawah kepemimpinan Erdoğan. Erdoğan jelas tidak maksum, kiranya dari kekeliruan dan kesalahan yang ada kita di sini bisa mempelajarinya. Termasuk ketika menikmati uraian di tulisan-tulisan Nandang.

Uraian geopolitiknya memang tidak benar-benar baru ataupun mendalam bagi para pengkaji serius disiplin hubungan internasional. Namun, upaya Nandang untuk mengakrabkan kepemimpinan karismatik Erdoğan yang mengedepankan pendekatan kesejahteraan dan visi kuat, patutlah diapresiasi. 

Alih-alih mengultuskan, tulisan Nandang bisa diposisikan sebagai kerangka kerja mengajak publik di sini untuk berpikir dan belajar. Bukan pada sosoknya, melainkan pada keberanian saban Erdoğan bertindak. Satu tindakan yang kemudian mencatatkan namanya sejajar bahkan secara objektif melampaui kebesaran Atatürk, sang Bapak Republik Turki ‘modern’, berikut sekularisme yang lama mendarah daging di sebagian elite kekuasaan negeri itu. 

Akhirnya, selamat membaca, terus membuka minda agar Indonesia bisa dirakit ulang dengan tenaga dan sumber daya manusia yang berbeda. Berbeda tak sekadar dalam klaim dan janji sebagaimana berlaku hari ini, namun juga tindakan ilmiah berikut budaya literasi yang terjaga. 

Buku ini satu ikhtiar bersahaja memberikan asupan di pikiran kalangan—terutama—Muslim demokrat dan siapa saja yang ingin berkolaborasi kebaikan di bumi Indonesia. Bahwa melampaui kebesaran nama legenda itu bukan utopia. Termasuk bila ada yang bercita-cita besar membawa negeri ini menembus sekian besar dunia. Kita dukung dan—sekurangnya—doakan saja.

Judul Buku : Erdogan Melampaui Sekularisme
Penulis    : Dr. Nandang Burhanudin, MA
Harga      : Rp. 76.000 (belum ongkir)

Pemesanan hubungi: M. Rahman 085722308405 atau klik mywa.link/rdh1gfql