TERUNGKAP..!! Sabotase Banjir DKI Oleh "Orang Tak Dikenal" di Rumah Pompa Dukuh Atas Dilakukan Malam Hari

[PORTAL-ISLAM.ID]  Aksi pemotongan kabel terjadi di Rumah Pompa Dukuh Atas, Jakarta Pusat (Jakpus). Akibatnya, pompa air di lokasi itu sempat tidak berfungsi. Padahal keberadaan pompa itu untuk menyedot genangan jika intensitas hujan tinggi.

"Pompa enggak berfungsi, pas kita cek ternyata ada kabel yang dipotong, tapi enggak banyak," kata Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakpus, Irwandi kepada Republika di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Kepala Polsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan, mengaku, mendapat informasi sejumlah kabel di Rumah Pompa Dukuh Atas, dipotong orang tak dikenal. Pihaknya sudah mengerahkan anggota untuk membongkar kasus tersebut. "Kasus ini sedang diselidiki oleh anggota," kata Singgih.

Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, AKP Haris Ahmad, mengatakan, aksi pemotongan kabel itu terjadi pada Rabu (20/1/2021) malam WIB. Saat itu memang di kawasan rumah pompa yang terlelat di perbatasan Kecamatan Tanah Abang dan Menteng itu sepi dari petugas. "Diduga terjadi tadi malam. Sekarang masih kita kembangkan lebih lanjut," kata Haris kepada Republika.

Plh. Wali Kota Jakpus Irwandi menuturkan, petugas telah memperbaiki kabel pompa yang dipotong itu tidak lama setelah sumber masalah pompa tak berfungsi diketahui. Setelah itu, pompa air di Dukuh Atas bisa difungsikan kembali.

Irwandi menyampaikan, jajarannya sudah melaporkan kasus itu ke polisi. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus berharap aparat penegak hukum dapat memburu dan meringkus pelaku. "Iya pelakunya kita cari. Kita sudah koordinasi dengan polsek," ujarnya.
Irwandi menyebut, untuk mengantisipasi insiden serupa terulang di kemudian hari, petugas sudah diinstruksikan melakukan pengamanan rutin di Rumah Pompa Dukuh Atas. Pun dengan rumah pompa lain yang tersebar di Jakpus juga dibuat aturan yang sama demi menghindari tindakan sabotase.

Pihaknya juga siap meminta bantuan Satpol PP Jakpus dan personel TNI maupun Polri jika memang diperlukan. "Kita lakukan pengawasan rutin. Kita minta Satpol PP, bhabinkamtibmas, dan babinsa," tutur wakil wali kota Jakpus tersebut.

Belajar dari kejadian yang tak diinginkan itu, pemkot menginstruksikan pembuatan posko bersama tidak jauh dari Rumah Pompa Dukuh Atas. Sekretaris Kota (Sekko) Jakpus, Iqbal Akbarrudin mengatakan, posko tersebut dibentuk guna mengantisipasi kerawanan yang terjadi di sekitar rumah pompa. Apalagi sekarang musim hujan, sehingga rawan jika rumah pompa tidak diawasi.

"Kita buat posko Bersama, ada unsur (Sudin) Bina Marga, Sumber Daya Air, Satpol PP (Jakpus). Kecamatan dan kelurahan (ikut dikerahkan)," kata Iqbal.

Dia menyatakan, nantinya petugas dari berbagai instansi itu disiagakan di lokasi secara bergantian. Selain itu, pihaknya juga menyusun jadwal pengawasan secara bergilir supaya petugas di lapangan memiliki tanggung jawab. "Kita akan tanggulangi bersama, memastikan aset kita terjaga bersama. Menghindari potensi kerawanan," ucap Iqbal.

(Sumber: Republika)
Baca juga :