PLAK! Tamparan Keras Buat Calon Kapolri: Hukum Jangan Hanya Tajam untuk yang di Luar Pemerintah!

[PORTAL-ISLAM.ID] Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021) kemarin.

Dalam penyampaian visi-misi dan program sebagai calon Kapolri, Komjen Listyo diantaranya menyampaikan akan menegakkan hukum yang adil, tidak boleh tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas.

Anggota Komisi III dari Fraksi Demokrat Benny K Harman menambahkan: Selain hukum tidak boleh tajam ke bawah tapi tumpul ke atas, penegakkan hukum juga tidak boleh tajam ke kanan tetapi tumpul ke kiri.

"Saya tambahkan jangan hanya tajam ke kanan tetapi tumpul ke kiri," kata Benny dalam uji kepatutan dan kelayakan calon kapolri, Rabu (20/1/2021).

"Jangan hanya tajam ke pada kami yang ada di luar pemerintahan, sedangkan teman-teman yang ada di dalam kok tumpul," kata dia.

Benny juga mengingatkan soal hak atas kebebasan berserikat dan berkumpul.

Ia mendukung Polri melakukan penegakkan hukum terhadap pelaku ujaran kebencian dan penyebar informasi hoaks.

Namun, ia mempertanyakan bagaimana upaya Sigit menjamin bahwa penegakkan hukum itu tidak hanya menyasar kelompok tertentu.

"Kami dukung penuh, tetapi apa yang Anda (Sigit) lakukan untuk menjamin supaya penegakkan hukum ini tidak hanya ditujukan pada kelompok tertentu, tetapi keompok lain semacam dikasih keleluasaan," tutur dia. 

Selengkapnya video:

Baca juga :