Survei: 79,52% Masyarakat Puas dengan Kinerja Pemprov DKI Jakarta


[PORTAL-ISLAM.ID]  Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) melakukan survei respons masyarakat atas kinerja pemerintah provinsi (pemprov) dalam menangani penyebaran covid-19. Pemprov DKI Jakarta menjadi yang tertinggi dengan tingkat kepuasan mencapai 79,52 persen dalam menangani covid-19.

Kemudian, Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar 79,17 persen, Pemprov Papua 77,78 persen, Pemprov Sumatra Barat sebesar 73, 33 persen, dan Pemprov Bangka Belitung sebesar 72,73 persen. Lima pemprov dengan tingkat kepuasaan tertinggi dipicu adanya kemampuan yang baik dalam melakukan tes covid-19.

"Kemampuan tes yang cukup baik di DKI Jakarta sudah lima persen," ujar peneliti LKSP Hafidz Muftisany, dalam konferensi pers, Kamis, 2 Juli 2020.

Sedangkan Pemprov NTB, Pemprov Sumatra Barat, dan Pemprov Bangka Belitung berhasil melakukan tes covid-19 secara mandiri. Hal itu mendapat respons yang postif dari masyarakat.

"NTB sudah bisa melakukan rapid test, swab PCR secara mandiri. Sehingga penanganan covid-19 dianggap publik cukup memuaskan," tuturnya.

Hafidz mengatakan Pemprov Bangka Belitung juga berhasil memanfaatkan teknologi dalam menelusuri penyebaran covid-19 di tengah masyarakat. Teknologi itu mendahulukan pemerintah pusat dalam menelusuri penyebaran covid-19 dengan metode serupa.

Survei ini dilakukan pada 20-27 Mei 2020 dengan melibatkan 2.047 responden di 34 provinsi yang tersebar secara proporsional. Metode penentuan sampling menggunakan Krejcie-Morgan dengan margin of error 2,183 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Medcom