Bupati Kutai Timur Dari Nasdem Ditangkap KPK (OTT)


[PORTAL-ISLAM.ID]  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis (2/7/2020) malam.

Menurut informasi yang dihimpun, kepala daerah yang diamankan adalah Bupati Kutai Timur, Ismunandar. Namun, belum diketahui terkait perkara apa.

“Benar, KPK melakukan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang diduga sebagai pelaku tindak pidana korupsi, salah satunya adalah kepala daerah kabupaten di Kaltim,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dikonfirmasi, Jumat (3/7).

Kendati demikian, Ali belum bisa menjelaskan secara rinci siapa saja dan barang bukti yang turut diamankan dalam operasi senyap tersebut. KPK masih

“Mengenai kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan. Namun, unsur kepala daerah turut diamankan,” ujar Ali.

Berdasarkan keterangan dari sumber internal Bidang Penindakan KPK mengungkapkan, Tim KPK bergerak setelah menerima informasi dan sadapan percakapan tentang dugaan adanya rencana transaksi serah-terima uang untuk Bupati Kutai Timur periode 2016-2021 Ismunandar. Tim pun kemudian bergerak ke sejumlah lokasi, dan menangkap beberapa orang termasuk Ismunandar.

"Yang dibungkus tim KPK di antaranya IND (Ismunandar), Bupati Kutim (Kutai Timur). Jumlah uang yang disita masih kita hitung. Rumah dinas Bupati Kutim juga sudah dipasang 'KPK Line', kita segel," ujar sumber tersebut kepada SINDO MEDIA.


Bupati Kutai Timur, Ismunandar, merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Kabupaten Kutai Timur.

Ismunandar juga merupakan petahana yang merupakan kandidat kuat di Pilkada Kutai Timur yang bakal digelar serentak Desember 2020 nanti.

"Satu per satu kader Nasdem ditangkap KPK setelah kader pak bewok nga jadi Jaksa Agung lagi," komen akun @panca66 di twitter.