Tuai Kontroversi Usai Dipesan Jokowi, Kominfo RALAT [DISINFORMASI] Obat Malaria Klorokuin Ampuh Sembuhkan Virus Corona


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Jokowi memesan jutaan obat yang disebut bisa menyembuhkan pasien Virus Corona COVID-19. Obat itu adalah Avigan dan Chloroquine (Klorokuin).

"Sesuai hasil riset dan pengalaman beberapa negara lain, pemerintah telah memesan dua juta Avigan dan menyiapkan tiga juta Chloroquine yang akan diresepkan oleh dokter kepada pasien Covid-19 apabila diperlukan," kata Presiden Jokowi di akun resmi twitternya, Jumat (20/2/2020).

Pernyataan Jokowi ini menuai banyak tanggapan dari publik di sosial media.

Lantaran sebelumnya KOMINFO pernah merilis pernyataan di situs resminya bahwa TIDAK BENAR Obat Malaria Klorokuin Ampuh Sembuhkan Virus Corona.

Pada 15 Maret KOMINFO memposting dengan judul:

[DISINFORMASI] Obat Malaria Klorokuin Ampuh Sembuhkan Virus Corona
https://www.kominfo.go.id/content/detail/25080/disinformasi-obat-malaria-klorokuin-ampuh-sembuhkan-virus-corona/0/laporan_isu_hoaks

Lantaran saat itu ramai di publik dan sosial media kabar bahwa Obat Malaria Klorokuin Ampuh Sembuhkan Virus Corona. Lalu KOMINFO menyatakan kabar itu hoax/tidak benar/disinformasi.

Kominfo menyatakan hoax berdasarkan pernyataan dari WHO.

[[ Penjelasan :

Beredar video dan foto pada media sosial WhatsApp yang menginformasikan bahwa obat antimalaria chloroquine phosphate atau klorokuin fosfat dapat menyembuhkan pasien Virus Corona.

Faktanya, dilansir dari kumparan.com, Janet Diaz, Kepala Perawatan Klinis dalam Program Emergensi WHO saat konferensi persnya pada tanggal 20 Februari 2020 mengatakan bahwa belum ada bukti tentang klorokuin dapat mengobati Covid-19 dan ia menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada vaksin atau obat antivirus yang spesifik untuk mencegah atau mengobati Covid-19. Sebagai catatan agar tidak minum obat klorokuin fosfat tanpa resep Dokter dan obat antimalaria klorokuin telah dilarang di Nigeria sejak 2005, setelah WHO memperingatkan tingkat kegagalan obat yang tinggi dan temuan kasus resistensi obat di beberapa negara.

KATEGORI: DISINFORMASI ]]

***

LALU... setelah Presiden Jokowi menyampaikan memesan tiga juta Chloroquine untuk penanganan Covid-19...

GEGERLAH publik...

"Mohon Bapak Presiden rapikan koordinasi," ujar politisi Demokrat @RachlanNashidik dengan melampirkan berita KOMINFO di atas.

AKHIRNYA... terbaru KOMINFO membuat RALAT pernyataan sebelumnya.

RALAT [DISINFORMASI] Obat Malaria Klorokuin Ampuh Sembuhkan Virus Corona

UPDATE INFORMASI KLOROKUIN SEBAGAI OBAT COVID-19, Jumat, Tanggal 20 Maret 2020, Pukul 23:00 WIB

Klarifikasi yang dilakukan Kementerian Kominfo pada tanggal 15 Maret 2020 terkait Klorokuin yang dapat menyembuhkan Covid-19 sebagai DISINFORMASI, adalah berdasarkan pada pernyataan resmi WHO tanggal 20 Februari 2020.

Janet Diaz, kepala perawatan klinis dalam Program Emergensi WHO, menyatakan bahwa pihaknya belum memiliki bukti bahwa klorokuin dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi pers pada 20 Februari 2020.

Link pernyataan WHO:

WHO Emergencies Press Conference on coronavirus disease outbreak - 20 February 2020

https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/transcripts/who-audio-emergencies-coronavirus-full-press-conference-20feb2020-final.pdf?sfvrsn=3295d775_0

Namun demikian, dengan adanya informasi terbaru yang dirilis tanggal 16 Maret 2020 bahwa ternyata Klorokuin direkomendasikan untuk menjadi bagian dalam proses penyembuhan Covid-19 dan telah melewati uji klinis terhadap 100 pasien di 10 rumah sakit di China, maka stempel Disinformasi pada tanggal 15 Maret 2020 kami cabut.

Link hasil uji klinis klorokuin terbaru:

https://www.jstage.jst.go.jp/article/bst/14/1/14_2020.01047/_article

***
Baca juga :