Warga Riau Berteriak Sendirian Melawan Asap, Kemana Jokowi?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Warga Riau khususnya di Pekanbaru berteriak di media sosial (medsos) seolah-olah tidak ada yang peduli lagi terhadap nasib mereka. Klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat Debat Capres 2019 tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hanya isapan jempol belaka.

Jangankan pencegahan kebakaran, sudah nyata banyak warga yang terpapar asap akibat kebakaran. Mereka mulai tidak kuat menghadapi bencana tersebut. Namun, mereka harus berjuang sendiri.

Empat tagar di Twitter meminta perhatian di medsos terus dilambungkan. Empat tagar itu, berbunyi:

#SaveRiau
#Pekanbarubutuhoksigen
#RiauMelawanAsap
#PrayforRiau

Pakar dan praktisi media sosial, Ismail Fahmi, berharap suara warganet dari Riau didengar. “Top twit jeritan hati mereka di #RiauDibakarBukanTerbakar. Semoga terdengar. Drone Emprit hanya bisa berusaha turut menyampaikan,” kata pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia ini lewat cuitannya di Twitter, Jumat (13/9).

Dia mengatakan, kemelut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang sangat menyedot perhatian para elite di Ibu Kota. Namun, bencana asap yang melanda warga di Pekanbaru dan daerah lain di Riau tidak kalah penting.

“Sementara yang di ibukota sibuk dengan isu KPK yang juga tidak kalah penting, sodara-sodara kita di Riau dan Pekanbaru berjuang sendiri meminta perhatian. ‘Tidak ada upaya signifikan dari pemerintah,’ kata mereka.” Demikian cuitan Ismail Fahmi.

Kabut asap menyelimuti Pekanbaru sejak akhir Juli dan makin pekat pada awal September. Akibatnya, pemerintah setempat meliburkan semua sekolah dan diikuti oleh perguruan tinggi dan universitas di Pekanbaru.

Sebanyak 39.277 warga di Provinsi Riau menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat polusi kabut asap sejak bulan Agustus hingga awal September ini.

Pencemaran kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Pekanbaru bahkan sudah menguning. Sejumlah warga harus mengungsi demi kesehatan mereka.

“Waktu debat Capres pak @jokowi dengan bangga bilang tidak ada kebakaran hutan. Sekarang asap sudah sampai kampung saya di Padang dan Wilayah Sumatera Barat. Janjinya udah enggak ada kebakaran, janjinya akan pecat pejabat TNI dan Polri kalo masih ada kebakaran.  Faktanya NOL BESAR,” ujar @andre_rosiade.
Loading...