Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis, Pendatang: Terima kasih Pak Anies


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta mengadakan Jakarta Mudik Bersama untuk yang pertama kalinya. Melalui Dinas Perhubungan DKI, Pemprov DKI memfasilitasi mudik gratis bagi pemudik ber-KTP DKI.

Hal itu diungkapkan Gubernur Anies Baswedan melalui akun instagramnya @aniesbaswedan. Ia berharap warga Jakarta bisa pulang ke kampung halaman dengan selamat.

“Kita ingin warga Jakarta bisa pulang ke kampung halaman dengan selamat,” ujarnya di postingan instagram yang sudah mendapat puluha ribu like itu.

Diakuinya, banyak penghuni Jakarta adalah pendatang, namun ia bersyukur akan hal itu, karena mereka ikut menggerakkan perekonomian di Jakarta. Kesejahteraan Jakarta meningkat dan pendapatan pajak Jakarta meningkat.

“Karena itu kita kembalikan pendapatan pajak itu kepada warga dalam bentuk fasilitas kendaraan pulang mudik, senilai 14 Miliar dari APBD. Jadi ini bukan dari kami. Ini dari pemudik, lewat Pemprov, untuk pemudik,” ujar Anies.

Kegiatan Jakarta Mudik Bersama tahun 2019 ini melayani mudik ke 10 kota dan kabupaten, yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Kebumen, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Kota Jogjakarta, dan Kabupaten Jombang. Selain melakukan pelayanan kepada pemudik sebanyak 17.427 orang dengan lebih dari 300 bus.

Ia pun berharap para pemudik dapat memanfaatkan Jakarta Mudik Bersama sebagai ajang untuk saling berinterasi dan membangun suasana persaudaraan.

“Ibu Bapak yang berada dalam satu bus mungkin belum mengenal satu sama lain sebelumnya. Oleh karena itu, simpan dulu alat komunikasi selama di bus dan jalin komunikasi dengan saudara se-kampung halaman yang ada di samping, depan-belakang kursi Anda,” sarannya.

Adapun kepada semua yang terlibat Jakarta Mudik Bersama, Anies mengungkapkan program ini merupakan sebuah keistimewaan tersendiri.

Ia pun berterima kasih kepada Kapolda dan seluruh jajaran Polda Metro Jaya atas bantuan pengamanannya.

“InsyaAllah lancar sepanjang jalan, sampai di rumah dengan selamat. Dan kami tunggu bapak ibu sekalian kembali di Jakarta dalam keadaan sehat walafiat sesudah Lebaran nanti,” pesannya.

Ia pun juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Dan berpesan kepada pemudik untuk menyampaikan salam kepada seluruh keluarga di kampung halaman.

“Sampai jumpa Bulan Syawal yang akan datang,” tutupnya.

Atas postingan instagram yang menjelaskan Program Pemprov DKI ini, ⁣warganet menyambut antusias, bahkan bagi pendatang yang tidak mengikuti program ini pun berterimakasih karena Pemprov DKI turut memperhatikan pendatang.

“Meskipun sy ngk ikut mudik di monas, sy mengucapkan terima kasih pak @aniesbaswedan atas perhatiannya kpd kamii pendatang barakallah pak gub,” tulis akun @atiek_ozil.

Senada dengan itu, akun @nurmalamadinah bahkan mendoakan Gubernur Anies.

“Saya asli betawi dan ga mudik tp bahagia lihat warga jakarta bisa mudik gratis…sehat terus pak gubernurku yg sholeh dan cerdas❤,” tulisnya.

Ada juga warganet yang berharap program ini akan terus berlanjut dan makin luas jangkauannya.

“Semoga tahun2 mendatang pemprov DKI memperluas jangkauan mudik gratis utk pemudik yg diluar pulau jawa ya pak @aniesbaswedan. Bagi perantau yg dr luar pulau jawa pun ingin merasakan nikmat berlebaran dgn keluarganya menggunakan fasilitas yg digerakkan pemprov DKI bekerjasama dg dishub. MasyaaAllah Tabarakallah pak anies semoga Allah memberikan kesehatan selalu utk bapak.. Aamiin,” tulis akun @wellyempy.

Sumber: Kiblatnet