Press Release PIP PKS-Malaysia Minta Paswaslu Usut Dugaan Davin Kirana (Nasdem) Dalam Penggelembungan Suara


Press Release PIP PKS-Malaysia 16 Mei 2018

Penghitungan suara dalam rangka Pemungutan Suara Ulang Pos di Kuala Lumpur sedang berlangsung.

Pada awalnya dihitung sebanyak kurang lebih 22807 surat suara. Dan secara mengejutkan Partai No. 5 dan caleg No 2 yaitu Davin Kirana mendapatkan suara sebanyak paling tidak 16000 suara. Sebuah “prestasi” yang sangat mengejutkan dan juga mengundang kecurigaan dari banyak pihak.

Masih teringat bahwa pada “penggerebekan” surat suara yang lalu di wilayah kajang dan bangi, nama Davin Kirana ini disebut-sebut juga sebagai “pihak yang terkait” dan secara jelas disebutkan namanya dalam peristiwa tersebut oleh Panwaslu LN.

Dengan “track record” seperti itu, jelas kecurigaan terarah dan sewajarnya juga mendapatkan perhatian yang lebih seksama.

Dari penelusuran kami, kami juga menemukan “keanehan” dimana ada satu alamat fiktif, yaitu di pekan sekinchan, dengan pemilih yang mencapai ratusan dan bahkan ribuan, dan kemungkinan adanya alamat yang dipergunakan seperti ini ada beberapa. Hal ini dikuatkan dengan temuan Panwaslu yang kami dengar.

Dengan demikian, kami menuntut dan meminta kepada PPLN KL dan Panwaslu LN untuk, sebagai berikut:

1. Mendukung Panwaslu agar mengusut dan mengungkap dugaan keterlibatan Davin Kirana dalam dugaan penggelembungan suara di PSU Pos

2. Mendukung panwaslu untuk mengusut dan menjelaskan adanya penggelembungan serta penggunaan alamat yang tidak benar atau fiktif, seperti di daerah Pekan di Sekinchan.

Sebelum jelas keberadaan dan validitas surat suara yang ada, kami juga menyatakan menolak keinginan PPLN KL untuk melanjutkan penghitungan atas surat suara sekitar 62 ribu yang kabarnya telah diterima oleh PPLN KL pada hari ini, tanggal 16 Mei 2019.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Kami merasa sangat prihatin atas kerendahan kualitas PSU di Malaysia ini yang telah menelan milyaran rupiah dana negara dan begitu banyak waktu dan tenaga dari seluruh stakeholder. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kuala Lumpur, 16 Mei 2019

Dr. Ali Sophian
Ketua PIP PKS-Malaysia


Baca juga :