Pemindahan Ibu Kota, Isu Basi di Saat Penguasa Galau


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ujuk-ujuk Ibukota Negara Pindah; isu politik yang basi tapi sering di "angeti" saat penguasa galau.

Ketika Penguasa dianggap tidak nyaman, selalu dilontarkan isu pemindahan ibu kota, tapi ketika aman-aman saja dan duit dalam keadaan plus...maka isu tsb sengaja disimpan rapat-rapat didalam berangkas....jangankan untuk dibahas...analisa orang-orang cerdik pandaipun diabaikan terkait ibu kota yang ideal.

Sudah menjadi rahasia seluruh masyarakat Indonesia...sekarang Jokowi sedang super galau atas carut marutnya Pemilu/Pilpres 2019.

Jika Pemerintah membentuk tim khusus dan membahasnya dengan intensif di level pimpinan elite Legislatif, Eksekutif dan Judikatif dan yang lebih penting adalah ANGGARAN pindahan sudah tersedia ... jika ini sudah ready barulah kita boleh yakin soal peminndahan ibu kota negara...jika tidak, maka cuekin aja..itu hanya refleksi kegalauan Jokowi disaat dirinya sudah tak mampu eksis lagi dimata rakyatnya...

Nah...anda bisa menilai hubungan isu pindah ibu kota negara disaat politik memanas di Jakarta terhadap kegalauan hati penguasa....😊

Apakah kalian terpancing dg isu basi ini??...😃....

Simak penjelasan Acha Sugandhy, salah satu pendiri Urban and Regional Development Institute, beliau juga Pengamat Lingkungan dan Tata Ruang Perkotaan dari Universitas Indonesia, terkait pemindahan ibu kota negara:

"Yang menjadi isu pemindahan ibu kota inikan memang banyaknya hanya menjadi wacana politik ketimbang direalisasikan. Rencana pemindahan ibu kota negara bukan hal baru, presiden-presiden sebelum telah lama mewacanakan pemindahan ibu kota. Sejak Orde Lama, Orde Baru dan era SBY wacana tsb kembali muncul. Tapi semua itu tak kunjung terwujud. Jadi kalau sekarang kembali wacana itu dimunculkan tanpa ada realisasi dan persiapan yang matang, mustahil."

"Persoalannya mau dipindah di manapun harus ada aturan payung hukumnya. Pertanyaannya... ada tidak duitnya??? Karena sekarang saja, banyak proyek infrastruktur yang butuh biaya tidak sedikit. Dan bila diserahkan swasta, justru jadi persoalan, apakah ibu kota kemudian bisa milik swasta? Lihat ada swasta yang berusaha membuat kota baru seperti Meikarta di Kabupaten, Bekasi. Padahal ada aturan kepemilikan lahan. Apakah maunya seperti itu? Lahanya dipegang swasta?"

"Bukan berarti pemindahan ibu kota tidak bisa dilakukan. Tapi kalau pemerintah serius mau memindahkan ibu kota, harus benar-benar diseriuskan. Bukan hanya sekedar wacana politik, atau menjadi diskusi semata namun akhirnya tidak terwujud seperti yang sudah-sudah."

loading...
Loading...