Minta Maskapai Tegur Traveloka dan Tiket.com, Menhub DITABOK Warganet: Trus Bapak Kerjanya Apa?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta maskapai penerbangan untuk menegur mitra penjual tiketnya yang berbasis aplikasi online. Hal ini dilakukan agar tidak menampilkan harga yang tidak masuk akal karena penerbangan harus melalui beberapa kali transit.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti saat merespons melonjaknya harga tiket penumpang untuk rute-rute penerbangan tertentu menjelang liburan Lebaran 2019 di platform layanan aplikasi penjualan tiket seperti Traveloka.com atau Tiket.com.

"Karena yang muncul di layar aplikasi konsumen, harga tiket jadi tidak masuk akal. Kalau maskapai tidak diingatkan untuk menegur mitra mereka, ini akan merugikan reputasi maskapai sendiri, sekaligus membuat calon penumpang menjerit,” ujar Polana seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Mei 2019.

Menurut Polana, saat permintaan tiket pesawat mengalami puncak seperti musim liburan dan Lebaran tahun ini, munculnya harga yang tidak masuk akal akan semakin membuat publik kebingungan dan menurunkan kepercayaan terhadap pelayanan dalam industri penerbangan.

Ia pun mengungkapkan penyebab utama harga tiket sempat heboh lantaran meroket hingga enam kali lipat beberapa waktu lalu. Dikatakannya, tiket yang dijual di aplikasi bukanlah tiket penerbangan langsung sesuai tujuan melainkan transit di beberapa tempat yang jaraknya cukup jauh.

"Untuk rute Bandung tujuan Medan misalnya, tiket yang ditawarkan adalah melalui transit Denpasar dan Jakarta, baru terbang ke Medan. Bagaimana dengan Jakarta-Makassar? Penerbangan yang ditawarkan harus transit melalui Jayapura, baru terbang lagi ke barat dari Jayapura ke Makassar," kata Polana, seperti dilansir VIVA.

Berita ini membuat warganet bercuit ramai.

"Trus bapak kerja nya apa?" cuit @luviku.

"Bukannya itu bisnis unicorn yg dibanggain jokowi?" cuit @gietwitt.

"Kalau murah minta puji jokowi 😂," cuit @tan_markonah.

"Maskapai diminta tegur Online Ticket? pemerintah ngapain? Bikin Rengginang?" cuit @EN538474N6.

"Sekalian aja tegur rakyatnya pak...kenapa kalian pada miskin....😂😂😂," cuit @Abah771.

"
loading...
Loading...