RESMI! Sandi Sudah Ajukan Surat Syarat Jadi Cawapres ke PN Jakpus


[PORTAL-ISLAM.ID] Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengumumkan tiga tokoh yang sudah mengajukaan surat keterangan tidak pailit. Mereka adalah Jokowi, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Sampai detik ini yang ajukan baru Jokowi, Prabowo dan Sandiaga Uno," kata Humas PN Jakarta Pusat Jamaluddin Samosir ketika dikonfirmasi kumparan, Kamis  (9/8/2018).

Surat keterangan tidak pailit dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk menjadi capres dan cawapres. Hal itu termaktub dalam Pasal 169 huruf i UU Pemilu No. 17 tahun 2017.

"Tidak sedang dalam kenyataan pailit berdasarkan putusan pengadilan," demikian bunyi pasal tersebut.

Nama Jokowi dan Prabowo terhitung tidak mengejutkan. Sebab, keduanya memang telah lama mendeklarasikan diri untuk maju di Pilpres 2019.

Nah, soal Sandi yang mengajukan ini seakan menjawab teka-teki yang selama ini dimunculkan oleh para elite partai politik, khususnya Partai Gerindra.

"Sampai dengan tadi, ada dua nama, Pak AHY dan Pak Sandi. Kemudian nama itu dikonsultasikan kepada partai-partai koalisi, PKS, PAN, dan tentu saja Demokrat," ujar Sekjen Partai Gerindra Muzani di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Pusat, Rabu (8/8).

Soal Sandi yang bakal menjadi cawapres memang pernah ditawarkan oleh Prabowo ke PKS.

"Iya. Salah satu nama yang ditawarkan kepada PKS sebagai alternatif," kata Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin kepada kumparan, Selasa (7/8). [kumparan]


Baca juga :