Palestina Sampaikan Ucapan Selamat Atas Kemenangan Erdogan


[PORTAL-ISLAM.ID] ISTANBUL - Berdasar hasil tidak resmi, dengan 98,4 persen suara dihitung, Erdogan memperoleh 52,53% suara. Koalisi Kerakyatan (AKP-MHP) juga memperoleh mayoritas parlemen dengan suara gabungan 53,56%.

Kemenangan Erdogan yang akan memimpin kembali Turki periode 2018-2023 mendapat ucapan selamat dari pemimpin Palestina dan para pemimpin negara-negara dunia.

Saat suara terus dihitung dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki pada hari Minggu, para pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan pada keberhasilan pemilihannya.

Berikut ini adalah reaksi pemimpin dunia atas pemilihan bersejarah Turki:

Palestina

Dalam sebuah panggilan telepon, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengucapkan selamat kepada Erdogan atas "keberhasilan proses demokrasi Turki dan kemenangannya dalam pemilihan presiden," kata kantor berita resmi Palestina (WAFA).

Abbas berkata, "Saya berharap Turki lebih sukses, maju dan stabilitas."

Erdogan, menurut agensi itu, menekankan "dukungan berkelanjutan" Turki kepada rakyat Palestina dan "tujuan mereka dan hak mereka untuk kebebasan dan stabilitas."

Qatar

Selama percakapan telepon, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas keberhasilannya dalam pemilihan presiden dan parlemen, menurut sumber-sumber Turki.

Albania

Menurut sumber presidensial, Perdana Menteri Albania Edi Rama memberi selamat kepada Presiden Erdogan melalui panggilan telepon, yang diterima Erdogan dengan ucapan terima kasih.

Azerbaijan

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas "keberhasilan besar" -nya dalam pemilihan presiden, menurut pernyataan presiden Azerbaijan.

Dalam panggilan telepon, Aliyev mengatakan Turki telah tumbuh di bawah kepemimpinan Erdogan, menambahkan bahwa ekonomi Turki telah mencetak sukses besar dan Ankara telah mengokohkan posisinya secara internasional.

Erdogan berterima kasih kepada Aliyev.

Selama percakapan, para pemimpin juga menyatakan keyakinan mereka terhadap kemajuan hubungan persaudaraan antara Turki dan Azerbaijan di semua bidang.

Pernyataan itu juga mengatakan Aliyev mengundang Erdogan pada kunjungan resmi ke Azerbaijan, dan Erdogan diterima.

Bosnia dan Herzegovina

Menurut presiden tripartit Bosnia, pemimpin Bosniak Bakir Izetbegovic menelepon Erdogan untuk mengucapkan selamat kepada presiden Turki itu atas keberhasilannya dalam pemilihan.

Pakistan

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain "memberikan perhatian sepenuh hati kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilihan."

Hussain menggarisbawahi bahwa jumlah pemilih yang besar (mencapai 90% dari pemilih terdaftar) dan perilaku damai dari pemilihan parlemen dan presiden adalah kesaksian kekuatan dan semangat nilai-nilai dan institusi demokratis Turki.

Hussain menyatakan harapan bahwa Turki akan melanjutkan jalannya kemajuan dan kemakmuran di bawah kepemimpinan Erdogan dan bahwa hubungan bilateral bersejarah dan tak tertandingi antara Pakistan dan Turki akan terus tumbuh.

Politikus veteran Pakistan Shehbaz Sharif juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada Erdogan.

Ucapan selamat pertama dari negara Uni Eropa datang dari Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, menurut sumber-sumber kepresidenan Turki.

(Sumber: TRTWorld)