Sosok Kontroversi Marsudi Syuhud yang Bertemu Presiden Israel Sudah Dipecat MUI?


[PORTAL-ISLAM.ID] Saat Aksi Bela Palestina di Monas Ahad (17/12/2017) kemarin, banyak peserta aksi terutama yang didepan panggung menyaksikan ada kejanggalan di atas panggung. Termasuk terkait Ustadz Felix Siauw yang kabarnya dilarang berorasi.

Sosok yang mendapat sorotan adalah Marsudi Syuhud, salah satu ketua PBNU yang menjadi ketua pelaksana Aksi Bela Palestina.

Ternyata sosok Marsudi Syuhud pernah bikin kontroversi dan gegerkan MUI karena kunjungannya ke Israel dan bertemu Presiden Israel Reuven Rivlin.

Pada awal Januari 2017 publik Umat Islam di Indonesia dihebohkan dengan kunjungan delegasi dari Indonesia ke Israel dan bertemu Presiden Israel Reuven Rivlin.

Dari sejumlah orang yang ikut delegasi ke Israel ini terdapat dua orang pengurus MUI Pusat, yaitu Istibsyaroh (Ketua Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga MUI) dan Marsudi Syuhud (Ketua Bidang Kerukunan Umat Beragama MUI, salah satu Ketua PBNU).

Dalam foto yang dilansir Albalad.co, Marsudi duduk ketiga dari kanan. Hanya dipisahkan satu lelaki setelah Istibsyaroh (berjilbab kuning). Foto ini diambil saat mereka sedang diterima di kediaman resmi Presiden Israel Reuven Rivlin.

Sedangkan dalam berita dilansir situs Kementerian Luar Negeri Israel, tidak ada Marsudi dalam foto bersama Rivlin. "Dia berusaha menghindar (agar tidak ketahuan)," kata Ketua Bidang Luar Negeri MUI Muhyidin Junaidi saat dihubungi Albalad.co melalui telepon selulernya.


Kunjungan delegasi muslim dari Indonesia diatur dan dibiayai oleh AIJAC (Australia-Israel & Jewish Affairs Council ), lembaga lobi Yahudi di Australia. Negara Zionis itu hampir saban tahun mengundang tokoh-tokoh muslim dari Indonesia sebagai upaya untuk mengubah pandangan negatif mereka mengenai Israel. Diharapkan sepulang dari sana ikut menyebarluaskan hal-hal positif tentang negara Bintang Daud ini.

MUI Ancam Pecat

Saat berita itu heboh Januari 2017 lalu, MUI menyatakan akan memecat pengurus MUI yang berkunjung ke Israel dan bertemu Presiden Israel.

Namun apakah Marsudi Syuhud sudah dipecat dari MUI? Apa masih menjabat sebagai pengurus MUI sampai sekarang? Karena dia malah yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Aksi Bela Palestina yang digelar MUI di Monas Ahad kemarin.

Berikut liputan video pernyataan MUI pada 24 Januari 2017 yang akan memecat pengurus MUI yang bertemu Presiden Israel.

[video 1 - Anggota MUI yang Ketemu Presiden Israel Terancam Dipecat]


[video 2 - Pertemuan Pengurus MUI dan Presiden Israel Tuai Kritik]