WADUH! Goenawan Mohamad, Tokoh Pers dan Jurnalis Senior Sebar HOAX


[PORTAL-ISLAM] Goenawan Mohamad seorang tokoh senior pers dan pendiri Majalah Tempo harus menelan pil pahit bernama hoax.

Kemarin, Sabtu (18/2/17), melalui akun twitternya @gm_gm, Goenawan Mohammad bernafsu memosting gambar hoax terkait gelaran seru Pilkada DKI Jakarta 2017. Dalam selebaran itu disebutkan bahwa pengurus Masjid Al-Waqfiyah menolak mengurus jenazah kaum Muslimin yang nyata mendukung paslon no 2 Ahok-Djarot.

Dalam gambar yang berisi tulisan tersebut disebutkan Pengurus Masjid juga tidak akan memberikan makanan berbuka puasa, menolak permintaan doa, dan kegiatan keagaman Islam lainnya bagi warga yang nyata-nyata mendukung cagub yang menista Al-Qur'an dan ulama itu.

Tanpa melakukan konfirmasi dan tanpa mengecek sumbernya, Goenawan Mohammad memposting gambar itu dan berkicau, "Beginikah cara menggunakan agama untuk memenangkan Pilkada?"

Padahal, berdasarkan klarifikasi dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, selebaran tersebut hoax, dikonfirmasi langsung dari pengurus masjid Al-Waqfiyah.

"Konfirmasi Ka. Kanwil Kemenag DKI nyatakan bantahan langsung dari Muh. Shodikin, Ketua Pengurus Masjid Al-Waqfiyah terkait isu yg HOAX." cuit Menag Lukman Hakim Saifuddin melalui akun resminya @lukmansaifuddin pada Ahad (19/2/17) sore.


Sontak kicaun Goenawan Mohamad yang menyebarkan HOAX ini menuai kecaman netizen.

"Wah, wartawan super senior percaya sama yg beginian. Bisa2 Anda yg dituduh sengaja bikin hoax dan Anda sebarkan sendiri. Hati2, pak tua :)" komen @Haidary__

"Saking semangatnya jadi pendukung Ahok kakek Goenawan terkecoh bikin HOAX .@gm_gm," ujar @jang_ebod.

"Om @gm_gm sdh minta maaflah.. telah menyebarkan berita hoax...? Minimal via medsos deh... dan mohon dihapus berita hoax-nya.. *trimakasih" komen @OnyaAza.

"@gm_gm Cuma begitu Mpu @gm_gm ? Tidak ada permintaan maaf? damage has been done Mpu....Njenengan kurang terliterasi gimana? Enteng nyebar hoax," cuit @aa_mbei.

"Sekelas GM juga doyan sebar hoax. .... ckckck #MatinyaIntelektual #TurnBackHoax" komen @adityanuryuslam.


Baca juga :