JEBAKAN ALA PENGUASA JAWA

JEBAKAN ALA PENGUASA JAWA

Kisah Bubat merupakan kisah Jebakan Penguasa Majapahit untuk memuluskan cita-citanya. Kisah serupa juga terjadi pada Kebo Iwa (Patih Bali). 

Jebakan ala Penguasa Jawa ini bukan hanya terjadi zaman Majapahit saja, melainkan terjadi juga pada masa Mataram Islam, Raja Cirebon (Panembahan Girilaya) juga dijebak dan pada akhirnya dibunuh oleh Amangkurat I. Nasib serupa juga terjadi pada Trunojoyo, wafat karena Jebakan Undangan Seremonial Kerajaan oleh Amangkurat II. 

Teknik macam ini efektif untuk melumpuhkan lawan yang punya bahaya besar apabila didiamkan. Membungkam musuh yang membahayakan perlu taktik yang murah namun imbasnya meyakinkan. 

Pada akhirnya Jebakan Ala Penguasa Jawa ini ditiru oleh VOC, maka jangan heran Para Pejuang tempo dulu seperti Sultan Matangaji, Pangeran Diponegoro dan para pejuang lainnya dilumpuhkan juga melalui Jebakan macam ini, alasannya Perundingan. 

Masih yakin Jebakan Perundingan yang dilakukan oleh VOC pada pejuang-pejuang kita itu buah dari pikiran mereka sendiri? Saya kira tidak, mereka juga berbuat begitu karena ada bisikan dari "orang kita" juga.

(Sumber: fb)
Baca juga :